Mau Turunkan Resiko Diabetes Tipe 2? Apel dan Teh Hijau Solusinya!

Mau Turunkan Resiko Diabetes Tipe 2? Apel dan Teh Hijau Solusinya!

Mau Turunkan Resiko Diabetes Tipe 2? Apel dan Teh Hijau Solusinya!-Racool Studio-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Hasil studi terbaru di Inggris menunjukkan bahwa konsumsi makanan dan minuman yang kaya flavonoid, seperti teh hijau, buah beri, dan apel, dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Penelitian ini melibatkan 113.097 peserta yang menjalani dua penilaian diet 24 jam guna menentukan Skor Flavodiet mereka.

Para peneliti mempertimbangkan asupan teh hitam dan hijau, anggur merah, apel, beri, anggur, jeruk, jeruk bali, paprika manis, bawang bombay, dan cokelat hitam.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition & Diabetes pekan lalu menemukan bahwa mengonsumsi enam porsi makanan kaya flavonoid sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 28 persen, dibandingkan dengan hanya mengonsumsi satu porsi.

BACA JUGA:5 Cara Mudah Gunakan Cuka Apel untuk Mengatasi Masalah Ketombe

Konsumsi enam porsi makanan kaya flavonoid juga dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang 26 persen lebih rendah. Selain itu, empat porsi teh sehari dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 21 persen, sementara satu porsi buah beri menguranginya sebesar 15 persen, dan satu porsi apel sehari menurunkannya 12 persen.

Para peneliti juga mencatat efek positif flavonoid terhadap metabolisme gula, peradangan, serta fungsi ginjal dan hati.

Menurut para penulis studi, hasil ini mendukung rekomendasi meningkatkan konsumsi buah untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2, dengan menyoroti peran spesifik buah beri dan apel.

Dorongan untuk meningkatkan asupan makanan dan minuman kaya flavonoid, seperti teh, buah beri, dan apel, dapat menjadi langkah penting dalam upaya pencegahan diabetes.

BACA JUGA:Robby Purba Akhirnya Minta Maaf Setelah Kejadian Satpam Pukul Anjing Berujung Pemecatan

Studi ini memberikan wawasan berharga mengenai keuntungan kesehatan dari pola makan yang seimbang dan kaya akan flavonoid, sehingga dapat membantu individu untuk menjaga kesehatan dan mencegah risiko penyakit yang serius seperti diabetes tipe 2.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya