Porsche AG Update Jajaran Produk dan Gandakan Dividen

Porsche AG Update Jajaran Produk dan Gandakan Dividen

Porsche AG Update Jajaran Produk dan Gandakan Dividen---Dok. Istimewa

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Porsche AG mengadakan Rapat Umum Tahunan secara virtual pada tanggal 7 Juni. Chairman of the Executive Board Oliver Blume mengungkapkan kepuasannya kepada para pemegang saham perusahaan dan menjelaskan strategi saat ini, yang akan terus dikejar oleh manajemen meskipun kondisi makroekonomi yang menantang. "Pada tahun 2023, Porsche tampil mengesankan sambil mewujudkan semua perkiraan ambisiusnya. Posisi keuangan kami kuat bahkan di masa-masa yang tidak menentu, kami tetap sangat menguntungkan. Pada saat yang sama, kami mencapai keseimbangan yang lebih baik dalam penjualan kami di berbagai wilayah di dunia," Oliver Blume merefleksikan.

Pandangannya untuk tahun 2024 dan masa depan adalah ambisius dan optimis dalam ukuran yang sama: "Bagi Porsche, 2024 adalah tahun peluncuran produk baru, dengan program peluncuran model terbesar dalam sejarah perusahaan. Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah meluncurkan model baru untuk lima seri model. Mulai tahun ini, kami akan memiliki jajaran produk terkuat dalam sejarah Porsche." Namun, Blume juga menjelaskan kepada para pemegang saham: "Melakukan begitu banyak peluncuran dalam waktu yang singkat merupakan tugas yang kompleks dan tantangan bagi perusahaan. Saat ini kami sedang mengumpulkan momentum yang akan membawa kami melaju dengan kecepatan penuh pada tahun 2025. Kami sedang meletakkan fondasi hari ini untuk meraih keuntungan di masa depan - dan untuk dividen di masa depan."

Chairman of the Supervisory Board Dr Wolfgang Porsche mengucapkan terima kasih kepada 42.000 karyawan: "Atas nama seluruh Supervisory Board, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan khusus. Dengan komitmen pribadi yang luar biasa dan ketelitian Anda, Anda semua telah memberikan kontribusi yang signifikan untuk membuat tahun keuangan yang lalu menjadi tahun yang sukses, terlepas dari semua tantangan yang ada, sehingga memungkinkan kami untuk menetapkan standar baru dengan produk kami pada tahun 2023."

BACA JUGA:Berbagai Promo Minuman Untuk 14 Juni 2024, Mulai Dari Kopi Hingga Minuman Coklat!

Sesuai dengan kebijakan dividen, Executive and Supervisory Board mengusulkan pada Rapat Umum Tahunan pembayaran dividen sekitar 2,1 miliar euro untuk tahun keuangan 2023. Angka ini setara dengan kurang dari 41 persen dari laba Grup setelah pajak, dan 2,30 euro per saham biasa dan 2,31 euro per saham preferen. Dalam jangka menengah, Porsche berencana untuk membayar pemegang sahamnya sekitar 50 persen dari laba Grup setelah pajak.

Selain pemungutan suara mengenai proposal dividen, agenda Rapat Umum Tahunan juga mencakup pemilihan kembali perwakilan pemegang saham di Board of Supervisory, yang masa jabatannya berakhir pada penutupan Rapat Umum Tahunan. Board of Supervisory mengusulkan pada Rapat Umum Tahunan untuk memilih 10 wakil pemegang saham yang ada saat ini untuk masa jabatan berikutnya.

Pada tahun buku 2023, hasil per saham biasa adalah 5,66 euro dan hasil per saham preferen adalah 5,67 euro. Penjualan grup pada tahun 2023 mencapai 40,5 miliar euro. Angka ini setara dengan peningkatan sebesar 7,7 persen (tahun sebelumnya: 37,6 miliar euro). Laba operasional Grup meningkat 7,6 persen menjadi 7,3 miliar euro (tahun sebelumnya: 6,8 miliar euro). Laba operasional Grup atas penjualan tetap stabil pada 18,0 persen - meskipun ada gangguan pada supply chain global dan investasi yang sangat tinggi dalam digitalisasi, portofolio produk dan inovasi, serta pengalaman merek. Arus kas bersih otomotif adalah 4,0 miliar euro pada tahun keuangan 2023 (tahun sebelumnya: 3,9 miliar euro).

Dengan 320.221 kendaraan yang dikirim ke pelanggan pada tahun 2023, Porsche mencapai peningkatan 3,3 persen dari tahun sebelumnya, dengan berbagai wilayah penjualan yang lebih seimbang dibandingkan tahun 2022. "Dengan program peluncuran model terbesar dalam sejarah perusahaan, Porsche telah memperbarui Cayenne, Panamera, Macan, Taycan, dan 911 secara komprehensif. Dengan ini, kami mengurangi separuh usia rata-rata dari jajaran model kami. Dalam hal teknologi, produk-produk baru ini menetapkan standar di dunia otomotif. Kami memegang banyak kartu truf di tangan kami - dan sekarang adalah waktunya untuk memainkannya." Di antara topik lainnya, Oliver Blume memberi tahu para pemegang saham tentang SUV Macan all-electric baru, yang akan diluncurkan pada tahun 2024: "Produk terlaris kami yang telah lama ada, sekarang sebagai mobil all-electric, akan terus menjadi model dengan performa tertinggi di segmennya."

BACA JUGA:5 Shio yang Mengalami Keberuntungan Dalam Cinta Pada Hari Ini, 14 Juni 2024

Mengacu pada Porsche 911 terbaru yang diperkenalkan beberapa hari yang lalu, Blume mengatakan: "Saya yakin bahwa 911 ini akan menetapkan standar baru sekali lagi." Ini adalah 911 pertama dengan penggerak hybrid. Terinspirasi dari motorsport, dengan tenaga yang lebih besar dan dinamika berkendara yang lebih baik. Di Nürburgring Nordschleife, 911 Carrera GTS baru lebih cepat 8,7 detik dari pendahulunya. "Sudah jelas bahwa teknologi hibrida berkinerja tinggi ini sangat cocok untuk 911 Carrera GTS," jelas Oliver Blume.

Meski optimis, Chairman of the Executive Board juga menjelaskan kepada para pemegang saham tentang efek V yang disebut pasar yang menyertai setiap peluncuran model: "Dengan model pendahulunya, kami mengalami penurunan bertahap dalam hal jumlah unit. Pada saat yang sama, generasi baru diperkenalkan secara bertahap berdasarkan pasar dan varian." Kurva V untuk penjualan dan pendapatan ini normal. Porsche akan berusaha mengendalikannya sebaik mungkin untuk setiap seri model. "Porsche selalu menemukan caranya sendiri - dan selalu dengan mempertimbangkan pelanggan kami. Kami siap menghadapi segala tantangan. Kami terus berusaha lebih keras. Bahkan jika itu membutuhkan lebih banyak usaha. Terutama karena kami berpikir jangka panjang."

Porche berinvestasi dengan pasti untuk masa depannya, tidak hanya melalui peluncuran produk baru, bahkan - dan terutama - di masa-masa sulit. " Tahun lalu kami menginvestasikan sekitar 5 miliar euro untuk penelitian dan pengembangan serta ekosistem Porsche - jumlah terbesar dalam sejarah perusahaan kami," lapor Oliver Blume. " Kami dengan tegas memajukan digitalisasi di perusahaan. Hingga mencapai 4 miliar euro dalam lima tahun mendatang, lebih dari 350 juta di antaranya akan diinvestasikan untuk data dan artificial intelligence.”

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya