Para Pejuang Anak Bersepeda Lintasi Sumba Demi Pengasuhan Berkualitas 'DimulaiDariKeluarga'

Para Pejuang Anak Bersepeda Lintasi Sumba Demi Pengasuhan Berkualitas 'DimulaiDariKeluarga'

Para pesepeda #PejuangAnak Menempuh 270 KM dalam Bike to Care West-East Sumba 2024---Istimewa

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - SOS Children’s Villages, lembaga nonpemerintah yang fokus memberikan pengasuhan alternatif berbasis keluarga bagi anak-anak yang telah atau berisiko kehilangan pengasuhan orang tua, tahun ini siap menggelar perhelatan Bike To Care 2024.

Bike To Care 2024 kali ini mengusung tema #DimulaiDariKeluarga mengusung konsep Ultra-Distance Cycling 270KM dan mengambil lokasi di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Bike To Care 2024 membawa makna dan misi baru dalam olahraga yang melibatkan 12 pesepeda, ratusan donatur, hingga para mitra korporasi yang berkomitmen untuk mendukung pemenuhan hak-hak anak Indonesia. 

Perhelatan Bike To Care 2024 yang telah digelar pada 24-25 Mei 2024 sejauh 270 KM dengan konsep amal dan dukungan penuh di akomodasi dan konsumsi bagi para pesepeda.

BACA JUGA:Bank BTPN Konsisten Berikan Layanan Kesehatan hingga Pelatihan Usaha, Tancapkan Pionir Pemberdayaan Nasabah Pensiunan

Di hari pertama, Sabtu 24 Mei 2024 seluruh pesepeda memulai perjalan mereka di start gate yang berlokasi di Tambolaka, Sumba Barat. Para peserta mengayuh sejauh 170KM hingga menuju Waingapu, Sumba Timur.

Perjuangan mereka lalu dilanjutkan keesokan harinya pada Minggu 25 Mei 2024 sejauh 100KM menuju Tanarara, dan kembali ke Tambolaka. Selama perjalanan mereka, para pesepeda juga difasilitasi dengan check point dimana mereka bisa beristirahat dan mengisi tenaga mereka serta di setiap 50 kilometer sebagai tempat bagi para pesepeda mendapat asupan air dan makanan ringan untuk mendukung perjuangan mereka hingga ke garis finish.

Tahun 2024 merupakan kali keempat Bike To Care diadakan secara offline sebagai perhelatan charity ultra-distance cycling yang digagas oleh SOS Children’s Villages di Indonesia.

Setelah sebelumnya di tahun 2022, SOS Children’s Villages juga mengadakan Bike To Care #BaliLoop 500KM, #TobaLoop 300KM, dan #LombokLoop 370KM. Tahun ini, para pesepeda mengayuh sejauh 270KM melintasi Sumba dengan misi kebaikan penggalangan dana melalui halaman donasi atas nama masing-masing pesepeda. 

BACA JUGA:Subaru Gelar Event Test Drive Offroad X-MODE XPERIENCE, Ajang Unjuk Gigi S-AWD

Penggalangan dana ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa 1 dari 10 anak-anak dan remaja saat ini terpisah dari keluarga mereka, ditelantarkan, diabaikan atau dipaksa hidup di lingkungan yang penuh kekerasan, tumbuh tanpa dukungan yang mereka perlukan untuk mempersiapkan diri

menghadapi masa depan. Bagi anak-anak, dampaknya seringkali berlangsung seumur hidup, yang dapat menciptakan siklus berbahaya yang berulang dari satu generasi ke generasi berikutnya. Bersama para pesepeda, donatur, dan mitra, SOS Children’s Villages ingin mengampanyekan pentingnya kehadiran keluarga dan mengubah keadaan yang ada.

“Antusiasme para pesepeda membangkitkan optimisme untuk mewujudkan komitmen dalam memberikan pengasuhan yang terbaik bagi anak-anak Indonesia. Dengan fokus pada penguatan dan pemenuhan hak-hak anak yang #DimulaiDariKeluarga tahun ini, diharapkan lebih banyak masyarakat yang mendukung program SOS Children's Villages di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi dan pariwisata Indonesia, khususnya Sumba yang tengah bangkit pasca pandemi. Diharapkan Bike To Care 2024 dapat menyebarkan manfaat positif bagi semua, bagi para pesepeda, Pulau Sumba, dan terutama bagi anak-anak Indonesia,” ujar Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages. 

Di antara para pesepeda yang luar biasa, juga turut berpartisipasi Agnes Yuliavitriani, CEO ayobantu.com, Dani Chika, Angel Cahyadi, dan Hasan Gozali yang adalah public figure yang juga pegiat sepeda dan #PejuangAnak. Mereka semua bergabung kembali untuk menyelesaikan rute Bike To Care 2024 demi kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia setelah berpartisipasi dalam Bike to Care pada tahun-tahun sebelumnya. Mereka juga bersama-sama dengan para pesepeda yang terdaftar, ikut serta menggalang donasi dan mempromosikan kegiatan Bike To Care agar lebih banyak masyarakat yang bergabung untuk memberikan dukungannya.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya