4 Makanan yang Membantu Tubuh Memproduksi Kolagen Secara Otomatis

4 Makanan yang Membantu Tubuh Memproduksi Kolagen Secara Otomatis

5 Makanan yang Membantu Tubuh Memproduksi Kolagen Secara Otomatis---Freepik

Ada alasan mengapa banyak suplemen kolagen berasal dari ayam karena kandungan proteinnya relatif tinggi. Jika Anda pernah memotong ayam utuh, Anda mungkin memperhatikan betapa banyak kandungan jaringan ikat unggas. Jaringan ini menjadikan ayam sebagai sumber kolagen makanan yang kaya.

BACA JUGA:Kombinasi Jus Buah Kaya Kolagen yang Ampuh Buat Wajah Auto Glowing

Sebuah studi tahun 2022 pada tikus menggunakan tulang ayam dan tulang rawan sebagai sumber kolagen untuk meredakan radang sendi, peradangan, dan banyak lagi.

Kandungan kolagen bervariasi di seluruh ayam. Misalnya daging paha lebih banyak mengandung kolagen dibandingkan daging dada.

2. Ikan

Seperti hewan lainnya, ikan memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Beberapa orang mengklaim kolagen laut adalah salah satu yang paling mudah diserap. Menurut tinjauan studi tahun 2023, bentuk kolagen ini mungkin lebih tersedia secara hayati dan sangat membantu untuk kesehatan dan elastisitas kulit.

Namun meskipun sandwich tuna saat makan siang atau salmon saat makan malam pasti dapat menambah asupan kolagen Anda, ketahuilah bahwa “daging” ikan mengandung lebih sedikit kolagen dibandingkan bagian lain (yang kurang diinginkan).

“Kita cenderung tidak mengonsumsi bagian ikan yang kandungan kolagennya paling tinggi, seperti kepala, sisik, atau bola matanya,” kata Gabriel. Jika ini tidak terdengar menggugah selera, Anda mungkin ingin mencoba suplemen kolagen laut.

BACA JUGA:BEM PTNU Geram 5 Nahdliyin Bertemu Presiden Israel: Memalukan!

3. Putih telur

Meskipun telur tidak mengandung jaringan ikat seperti banyak produk hewani lainnya, putih telur memiliki jumlah prolin yang relatif tinggi. Ini adalah salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.

4. Buah jeruk

Vitamin C memainkan peran utama dalam produksi pro-kolagen, prekursor kolagen tubuh. Artinya dapat membantu sintesis kolagen.

Buah jeruk seperti jeruk, grapefruit, lemon, dan jeruk nipis kaya akan nutrisi ini. Cobalah jeruk bali panggang untuk sarapan, tambahkan potongan jeruk ke dalam salad, atau tumis paprika kuning dalam tumisan.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya
Berita Terpopuler