4 Makanan yang Membantu Tubuh Memproduksi Kolagen Secara Otomatis

4 Makanan yang Membantu Tubuh Memproduksi Kolagen Secara Otomatis

5 Makanan yang Membantu Tubuh Memproduksi Kolagen Secara Otomatis---Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Kolagen adalah protein yang memberi struktur, kekenyalan, dan peregangan pada kulit.

Seiring bertambahnya usia, kita memproduksi lebih sedikit kolagen di kulit kita setiap tahunnya — sehingga kecenderungan terjadinya kerutan dan penipisan kulit semakin terlihat seiring bertambahnya usia.

Hal ini menjelaskan boomingnya suplemen kolagen yang digembar-gemborkan di media sosial dan rak-rak toko saat ini.

Tapi apakah suplemen kolagen lebih baik daripada kolagen yang Anda dapatkan dari makanan? makanan apa saja yang tinggi kolagen?

BACA JUGA:4 Bahan Dapur Ini Bisa Diolah Jadi Minuman Kolagen, Cocok untuk Usia 50 Tahunan

Mengapa Anda harus mempertimbangkan makanan terlebih dahulu

Perbedaan utama antara kolagen dalam suplemen dan makanan terletak pada ketersediaan hayati – kemampuan tubuh Anda untuk menggunakan nutrisi.

"Makanan seperti kaldu tulang mengandung kolagen yang tersedia secara hayati yang dapat langsung digunakan oleh tubuh Anda, menjadikannya lebih unggul dibandingkan suplemen,” kata ahli diet terdaftar Carrie Gabriel, MS, RDN.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian yang mendukung klaim bahwa kolagen dalam sumber makanan lebih tersedia secara hayati masih terbatas.

BACA JUGA:Cara Mudah Membuat Masker Kolagen dari Air Mawar, Bikin Wajah Terlihat Awet Muda Yuk

Karena suplemen yang dijual bebas (OTC) tidak diatur oleh Food and Drug Administration (FDA), mungkin lebih aman untuk tetap menggunakan pendekatan pola makan untuk meningkatkan kolagen.

Mengonsumsi makanan kaya kolagen atau makanan yang meningkatkan produksi kolagen juga dapat membantu menciptakan bahan pembangun (asam amino) yang Anda perlukan untuk tujuan kulit Anda.

"Ada tiga asam amino yang penting untuk sintesis kolagen: prolin, lisin, dan glisin,” kata ahli diet dan kecantikan terdaftar Katey Davidson, MScFN, RD. Artinya ketiganya berkontribusi pada proses tubuh Anda memproduksi lebih banyak kolagen.

1. Ayam

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya