BAIC, Brand Otomotif Terkini yang Masuk ke Indonesia

BAIC, Brand Otomotif Terkini yang Masuk ke Indonesia

BAIC juga berhasil membangun pabrikan Commercial Vehicle yang sukses, ---Dok. Istimewa

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Bermula dari mobil sedan pertama BAIC yang diberi nama "Jinggangshan" pada tahun 1958, pabrikan ini terus menorehkan sejarah baru di dunia otomotif.

Dengan visinya untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik, BAIC terus melakukan riset dan pengembangan yang terfokus pada inovasi teknologi dengan prinsip "craftsmanship at heart".

Filosofi ini mencerminkan misi BAIC untuk terus berinovasi dalam pengembangan teknologi otomotif yang cerdas, hemat energi, dan aman.

Dalam 25 tahun berkiprah di industri otomotif, BAIC berhasil mengembangkan bisnisnya melalui kerjasama Joint Venture dengan produsen otomotif Amerika untuk membentuk Beijing Jeep Corporation pada tahun 1983.

BACA JUGA:BEM PTNU Geram 5 Nahdliyin Bertemu Presiden Israel: Memalukan!

Keberhasilan ini kemudian diikuti dengan Joint Venture dengan produsen Korea untuk membentuk Beijing Hyundai Motor Co., Ltd pada tahun 2002, dan Joint Venture dengan produsen Jerman untuk membentuk Beijing Benz Automotive Co., Ltd pada tahun 2005. BAIC terus mencetak sejarah besar dalam industri otomotif global.

Selain itu, BAIC juga berhasil membangun pabrikan Commercial Vehicle yang sukses, FOTON MOTOR Co., Ltd, yang terkenal dengan penjualannya nomor satu di dunia pada tahun 1996. Group ini juga mengakuisisi hak merek terkenal asal Swedia, SAAB, pada tahun 2009, serta membeli pabrikan Automotive Roof System Belanda, INALFA, pada tahun 2011.

Pada tahun 2016, BAIC membeli saham sebesar 35% dari FUJIAN BENZ yang mengembangkan light commercial vehicle untuk beberapa brand ternama seperti Mercedes-Benz Viano, Sprinter, dan V-Class.

Dengan komitmen untuk terus menghadirkan produk otomotif berkualitas, BAIC menjalin kerjasama dengan MAGNA pada tahun 2018 untuk membangun manufacturing base dan melakukan riset serta pengembangan high-end battery electric vehicle (BEV).

BACA JUGA:4 Lowongan Kerja Terbaru Juli 2024 dari PT Perusahan Industri Ceres, Terbuka untuk Lulusan SMK!

MAGNA sendiri merupakan pabrikan komponen otomotif terbesar di Amerika Utara yang telah bekerja sama dengan berbagai brand terkenal.

Prestasi BAIC tak terbantahkan, menjadi salah satu dari lima grup otomotif terbesar di China dan tercatat dalam FORTUNE GLOBAL 500 di posisi 193 dengan tiga fokus bisnis utama: complete vehicles, components & service trade, serta dua lini produk utama yang mendunia: BAIC, FOTON, ARCFOX sebagai self owned brand, dan Beijing Benz, Fujian Benz, Beijing Hyundai sebagai joint venture brand.

BAIC semakin menunjukkan keseriusannya dalam merambah pasar internasional melalui BAIC International yang didirikan pada tahun 2013, fokusnya pada overseas manufacture & international marketing.

Pada bulan Desember 2021, BAIC GROUP resmi memegang saham terbesar DAIMLER AG sebesar 9,98%, menandai keikutsertaannya dalam arena otomotif global.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya
Berita Terpopuler