Hidup di Perantauan? Ini 5 Tips Hemat untuk Anak Kos

Minggu 04-02-2024,08:00 WIB
Reporter : Restu Herlambang
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Para perantau merupakan orang yang seringkali menjalani hidup yang hemat, oleh karena itu ini 5 tips hemat ala anak kos.

Salah satu perantau yang biasanya perlu hidup hemat adalah mahasiswa, mereka dituntut untuk hidup sehemat mungkin agar bisa mengatur keuangan dengan baik.

Namun, mahasiswa yang merantau biasanya baru pertama kali merantau, sehingga seringkali kesulitan untuk menerapkan pola hidup yang hemat sehingga kondisi keuangan terganggu.

BACA JUGA:Heboh Seruan Kampus Kritik Jokowi, Begini Respons Ganjar Pranowo

Pada awal bulan, biasanya mahasiswa yang baru merantau belum merasakan betapa pentingnya hidup hemat saat jauh dari rumah, jadinya tidak terlalu memikirkan untuk mengatur keuangan.

Hingga pada akhir bulan baru menyadari betapa krusialnya untuk hidup hemat sejak awal bulan, sehingga tidak pusing dengan sisa uang di akhir bulan.

Oleh karena itu, untuk para perantau terlebih khusus mahasiswa sebaiknya menerapkan 5 tips hemat dibawah ini agar bisa mengatur keuangan dengan baik, simak:

1. Bawa bekal sendiri dari kos

BACA JUGA:6 Tips Mengurangi Dampak Buruk Makan Larut Malam pada Tubuh, Jangan Dianggap Remeh!

Membawa bekal sendiri dari kosan merupakan hal yang sudah sangat wajar dikalangan anak kos ketika berkuliah, guna menipiskan pengeluaran yang berlebihan.

Kamu bisa menyiapkan makanan sendiri dari kosan sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk makan di kantin atau tempat makan lainnya, terlebih lagi membawa bekal cenderung lebih hemat jika dibandingkan dengan membeli makanan diluar.

Selain hemat, bawa bekal juga bisa membantu kamu untuk menerapkan pola hidup sehat, karena makanan yang kamu konsumsi adalah hasil buatan sendiri atau tau bahwa bahan pembuatannya tidak memberikan dampak negatif untuk tubuh.

Jika tidak sempat menyiapkan bekal di pagi hari, bisa dengan membawa bekal dengan makanan yang sudah ada pada malam hari, jadi pada pagi harinya tinggal menghangatkan kembali bekal.

BACA JUGA:Megawati Tanyakan Siapa Kader PDIP yang Menerima Bansos: 'Jangan Bohong, Terma Saja!'

Kategori :

Terpopuler