Apa Alasan Buah Kuldi Dinyatakan Haram? Cek Fakta dan Kontroversi di Balik Keputusannya

Jumat 15-03-2024,06:00 WIB
Reporter : Restu Herlambang
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Pada sebuah keputusan tentang apakah pada suatu makanan atau minuman halal atau haram sering kali menjadi pusat perbincangan yang sangat di kalangan seluruh umat Muslim di dunia.

Pada salah satu topik yang dimana sangat menarik adalah apa status hukum dari buah kuldi.

Pada buah kuldi ini, yang dimana sangat populer di beberapa bagian di negara Asia, telah menjadi suatu subjek perdebatan di karenakan ada beberapa alasan nya.

BACA JUGA:Yes Kabar Baik! ASN Pria Bisa Ambil Cuti 60 Hari untuk Temani Istri Melahirkan, Tanpa Ribet

Mari kita telusuri lebih dalam untuk memahami mengapa buah kuldi dikategorikan sebagai haram dan kontroversi di balik keputusan ini.

Pertama-tama, sangat perlu kita semua pahami bahwa pada hukum halal dan haram dari Islam di dasarkan pada ajaran di kitab Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Pada dalam beberapa kasus yang ada, makanan atau minuman yang telah dinyatakan haram karena adanya melanggar sebuah prinsip-prinsip pada kebersihan atau kesehatan, atau dikarenakan adanya memiliki efek-efek samping yang dimana dapat merugikan bagi kesehatan.

Namun dari itu, dalam sebuah kasus pada buah kuldi, ada sebuah alasan yang agak berbeda.

BACA JUGA:Sony Group Indonesia Tanam 1000 Bibit Bakau untuk Jakarta, Demi Kelestarian Alam Ibu Kota

Pada salah satu alasan yang sangat utama mengapa buah kuldi ditanyakan haram adalah dikarenakan adanya sebuah potensi atas kontaminasi dengan parasit.

Pada buah kuldi, yang dimana bertumbuh di pohon yang memiliki daun sangat tebal dan struktur kulit buah yang tidak rata, dimana dapat menjadi sebuah tempat yang sangat ideal bagi parasit untuk dapat berkembang biak.

Pada tanaman ini lebih cenderung dapat menarik hewan serangga seperti pada lalat dan serangga lainnya yang dimana dapat membawa parasit ke buah-buahan.

Oleh sebab itu, jika kita mengonsumsi buah kuldi yang tidak dicuci dengan baik atau belum matang dengan sepenuhnya akan dapat meningkatkan adanya risiko terkena infeksi parasit.

BACA JUGA:6 Cara Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa Pakai Perasan Lemon, Begini Trik Membuatnya

Selain itu juga, pada buah kuldi juga telah diketahuin adanya kandungan zat-zat kimia alami yang dimana dapat menyebabkan adanya muncul reaksi alergi pada sebagian orang yang telah memakan buah kuldi tersebut.

Kategori :

Terpopuler