Waspadai Ancaman Ambeien Dalam Perjalanan Panjang Mudik Lebaran, Ini Cara Efektif Mencegahnya!

Kamis 11-04-2024,11:00 WIB
Reporter : Restu Herlambang
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Pada saat menjelang musim mudik Lebaran, para sebagian masyarakat Indonesia kini telah kembali untuk bersiap-siap melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman.

Namun dari itu, dibalik adanya keseruan dan kebahagiaan pada saat merayakan momen Lebaran tiba, ada satu ancaman yang sering terlupakan, yaitu ambeien.

Pada saat melakukan perjalanan yang sangat panjang, terutama dengan menggunakan transportasi umum seperti pada bus, kereta api, atau bahkan pesawat, adanya risiko untuk terkena ambeien bisa meningkat.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Gelar Open House di 4 Lokasi Berbeda, Intip Alamat Lengkapnya di Sini!

Ambeien, atau dikenal juga dengan istilah wasir, adalah masalah kesehatan yang umum terjadi pada orang dewasa. 

Rasa nyeri, gatal-gatal, bahkan pendarahan pada saat buang air besar menjadi tanda-tanda umum ambeien yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, prevalensi ambeien di Indonesia cukup tinggi, mencapai sekitar 25-30% dari populasi dewasa. 

Faktor risiko seperti kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan duduk dalam waktu yang lama, dan pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena ambeien, terutama saat melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran.

BACA JUGA:Jos! Timnas Indonesia Menang 1-0 Atas UEA di Uji Coba AFC U-23!

Pada konsisi ini juga telah disebabkan oleh adanya pembengkakan di pembuluh darah pada di sekitar anus dan rektum yang telah dapat menyebabkan adanya rasa yang sangat nyeri.

Perjalanan panjang selama mudik Lebaran dapat meningkatkan risiko terkena ambeien. Dikarenakan adanya tekanan yang terus-menerus pada daerah tersebut.

Para ahli dibidang kesehatan telah menyarankan adanya beberapa langkah atas pencegahan yang dapat kita ambil untuk dapat mengurangi adanya risiko terkena ambeien pada saat selama perjalanan mudik Lebaran :

BACA JUGA:Salut! Nikita Willy Rayakan Ultah Issa Xander di Panti Asuhan, Penuh Kesederhanaan Tanpa Perayaan dan Kue

1. Minum Air Secukup nya

Air merupakan kunci paling utama untuk dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan mencegah adanya sembelit.

Kategori :

Terpopuler