Review Game Metal Gear Solid: Master Collection Vol. 1: Tidak Ada Peningkatan Visual?

Jumat 19-04-2024,22:24 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID -  Metal Gear Solid adalah salah satu franchise video game yang paling dicintai oleh para gamer karena ia selalu menawarkan hal nyentrik yang membuatnya terasa istimewa dibanding game aksi sejenisnya.

Kreativitas dalam gameplay-nya tentu saja tidak lepas dari idealisme sang kreatornya Hideo Kojima, yang tak henti-hentinya menghadirkan inovasi dalam industri video game. Setelah putus hubungan dengan Kojima, serial Metal Gear Solid seakan kehilangan arah.

Bahkan, game terakhirnya Metal Gear Survive yang dirilis setelah hengkangnya sang kreator, mendapat cercaan dan makian pedas dari para penggemar MGS.

BACA JUGA:Kadar Gula pada Sereal-Susu Nestle Meningkat di Beberapa Negara? Cek Faktanya

Sebagai bentuk penebusan dosa, Konami saat ini sedang mengembangkan Metal Gear Solid Delta: Snake Eater yang dibangun menggunakan Unreal Engine 5.

Namun, sebelum kita mendapatkan versi remake tersebut, Konami mempersembahkan paket koleksi Metal Gear Solid: Master Collection Vol. 1 yang berisikan lima game klasiknya untuk platform modern.

Enam tahun setelah jatuhnya Zanzibarland, tepatnya pada tahun 2005, unit pasukan khusus FOXHOUND yang diperkuat secara genetik, telah menyita sebuah pulau terpencil di Kepulauan Fox, Alaskan dengan kode nama “Shadow Moses” yang merupakan lokasi fasilitas pembuangan senjata nuklir.

FOXHOUND mengancam untuk melawan pemerintahan Amerika Serikat menggunakan mecha berkemampuan nuklir bernama Metal Gear REX, apabila mereka tidak menerima sisa-sisa Big Boss dan uang tebusan sebesar 1 milyar Dollar dalam waktu 24 jam.

BACA JUGA:Kilat Petir Vulkanik: Aktivitas Gunung Ruang Terus Meningkat

Solid Snake yang sudah pensiun, dipaksa keluar lagi oleh Kolonel Roy Campbell untuk menyusup ke pulau tersebut demi menetralisir ancaman yang terjadi.

Pada dasarnya, Metal Gear Solid: Master Collection Vol. 1 berfokus pada tiga game MGS pertama, yaitu Metal Gear Solid (PS1/1998), Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty (PS2/2001) dan Metal Gear Solid 3: Snake Eater (PS2/2004). Ketiga game tersebut bisa kalian beli secara satuan atau terpisah di Digital Store dari masing-masing platform.

Namun, apabila kalian membelinya secara paket koleksi, kalian berhak mendapatkan dua game ekstra, yaitu Metal Gear (MSX2/1987) dan Metal Gear 2: Solid Snake (MSX2/1990).

Meskipun pada dasarnya Metal Gear Solid adalah sebuah game aksi, namun game ini punya pendekatan yang berbeda dengan genre aksi pada zamannya karena game ini lebih menitikberatkan pada aksi mengendap-endap alias Stealth, di mana kesabaran, keuletan dan ketelitian menjadi kunci sukses kalian.

BACA JUGA:Serangan Israel ke Iran Bikin Saham Anjlok, Begini Tanggapan BEI

Sebagai pemain, kalian akan mengendalikan seorang protagonis bernama Solid Snake yang bertugas untuk menyusup ke lokasi tujuan tanpa terdeteksi oleh musuh.

Kategori :