Ingat Bahaya Serangan Anemia Bagi Tubuh, Simak Cara Mencegahnya!

Sabtu 15-06-2024,13:00 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

Zat besi merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh karena berperan dalam pembentukan hemoglobin di dalam sel darah merah.

Hemoglobin adalah molekul yang memberikan warna merah pada sel darah dan memungkinkan mereka untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, memastikan asupan zat besi yang cukup melalui makanan bisa jadi salah satu langkah yang efektif untuk mencegah perkembangan anemia.

BACA JUGA:Porsche AG Update Jajaran Produk dan Gandakan Dividen

Orang dewasa dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan harian zat besi sekitar 26 miligram per hari untuk mencegah risiko terkena anemia.

Untuk mencegah kekurangan zat besi dan mencegah anemia, disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat besi.

Beberapa contoh makanan yang mengandung zat besi meliputi daging tanpa lemak, telur, sayuran hijau seperti bayam dan sawi, serta sereal yang diperkaya zat besi.

Dengan mengonsumsi makanan tersebut secara teratur, kamu bisa memastikan pasokan zat besi mencukupi tubuhmu.

BACA JUGA:Berbagai Promo Minuman Untuk 14 Juni 2024, Mulai Dari Kopi Hingga Minuman Coklat!

4. Banyak Mengkonsumsi Makanan Mengandung Vitamin C

Mengonsumsi makanan atau buah yang kaya akan vitamin C merupakan salah satu cara alami untuk mencegah anemia.

Vitamin C memiliki peran penting dalam penyerapan zat besi di dalam usus halus, yang membantu tubuh dalam memanfaatkan zat besi dengan lebih efisien.

Sebagai hasilnya, orang yang mengonsumsi cukup vitamin C cenderung memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami anemia.

BACA JUGA:Porsche AG Update Jajaran Produk dan Gandakan Dividen

Untuk menjaga kesehatan sel darah dan fungsi tubuh lainnya, orang dewasa disarankan untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C minimal 75 miligram per hari.

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan gangguan pada penyerapan zat besi, yang bisa meningkatkan risiko terkena anemia.

Kategori :

Terpopuler