Ingat Bahaya Serangan Anemia Bagi Tubuh, Simak Cara Mencegahnya!

Ingat Bahaya Serangan Anemia Bagi Tubuh, Simak Cara Mencegahnya!

Jangan Sampai Kalian Mengindap Anemia, Berikut Cara Pencegahannya!-@halodoc-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Anemia bisa dicegah dengan beberapa cara yang mudah dilakukan.

Dengan kesadaran akan faktor risiko dan langkah pencegahan yang tepat, seseorang bisa mengurangi risiko terkena anemia dan meningkatkan kesehatan.

Berikut ini beberapa cara pencegahan anemia yang bisa dilakukan untuk kalian semua  :

BACA JUGA:Promo JSM Alfamart Spesial Idul Adha 2024: Cek Katalog Diskon Periode 14-17 Juni 2024!

1. Banyak Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Asam Folat

Asam folat, juga dikenal sebagai vitamin B9, berperan penting dalam proses pembentukan sel-sel baru dalam tubuh, termasuk pembentukan sel darah merah yang baru untuk menggantikan sel darah merah yang mati, oleh karena itu, asam folat jadi nutrisi yang sangat penting dalam mencegah berkembangnya anemia dan menjaga kesehatan darah yang optimal.

Makanan yang mengandung asam folat bisa dengan mudah ditemukan dalam berbagai jenis makanan sehari-hari, contohnya sayuran berdaun hijau seperti bayam, buah jeruk, kacang polong, roti, sereal, nasi, dan pasta.

Mengkonsumsi makanan tersebut secara teratur bisa membantu memastikan pasokan asam folat dalam tubuh tercukupi, sehingga mencegah kekurangan nutrisi yang bisa menyebabkan anemia, selain itu, suplemen asam folat juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup dalam tubuh, terutama mereka yang mungkin punya kesulitan untuk mendapatkan asam folat dari makanan sehari-hari.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Pisces Sabtu, 15 Juni 2024: Cinta, Karier, dan Kesehatan Hari Ini!

2. Banyak Mengkonsumsi Makanan Mengandung Vitamin B12

Vitamin B12 adalah nutrisi penting yang memiliki peran vital dalam menjaga kesehatan saraf, membantu dalam pembentukan DNA, dan memainkan peran penting dalam produksi sel darah merah yang sehat.

Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan gangguan pada pembentukan sel darah merah dan berkontribusi pada perkembangan anemia, maka orang dewasa dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin B12 sebesar 2,6 mikrogram setiap hari untuk mencegah risiko terkena anemia.

Ada berbagai sumber makanan yang kaya akan vitamin B12 yang dapat kamu tambahkan ke dalam menu diet, contohnya hati hewan seperti sapi dan ayam, kerang laut, ikan, daging, unggas, telur, dan produk susu serta olahannya.

BACA JUGA:Cek Lowongan Kerja yang Akan Segera Ditutup Pertengahan Juni 2024, Buruan Daftar!

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya