Strategi Melatih Otak yang Efektif untuk Mengurangi Sensasi Nyeri atau Sakit

Senin 01-07-2024,13:09 WIB
Reporter : Restu Herlambang
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Terdapat berbagai jenis rasa tidak nyaman yang bisa dirasakan manusia.

Di mulai dari yang memengaruhi bagian fisik tubuh hingga yang mempengaruhi kondisi mental dan emosional seseorang.

Rasa sakit dapat dibedakan berdasarkan durasi serta karakteristiknya menjadi dua kategori utama, yaitu kronis dan akut.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Warna Lipstik Untuk Kulit Sawo Matang: Bibir Jadi Mempesona

Rasa sakit kronis adalah jenis rasa sakit yang dirasakan secara berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang sering kali berlangsung selama berminggu-minggu, bulan, atau bahkan bertahun-tahun.

Sebaliknya, rasa sakit akut adalah jenis rasa sakit yang timbul secara tiba-tiba dan biasanya berlangsung hanya dalam waktu singkat seperti saat mengalami cedera atau penyakit akut yang mempengaruhi tubuh.

Rasa sakit kronis sering kali menjadi tantangan tersendiri terutama bagi orang dewasa lanjut usia, yang menghadapi ketidaknyamanan yang berulang dan memerlukan manajemen perawatan kesehatan yang berkelanjutan.

Karena sumber sakit yang terkait dengan jenis sakit kronis sering tidak terlihat secara fisik, sering kali pada tahap awal rasa sakit ini diabaikan atau dianggap sebagai kondisi yang "imajiner".

BACA JUGA:Amplitude Rangkul Teknologi AI Demi Kembangkan Bisnis 130 Mitra Integrasi

Namun sebenarnya rasa sakit adalah fenomena yang sangat terkait dengan fungsi otak manusia, sensasi rasa sakit yang dirasakan seseorang adalah hasil dari respons yang diproses oleh otak dan diinterpretasikan sebagai "rasa sakit".

Oleh karena itu, selain upaya untuk mengatasi sumber rasa sakit itu sendiri, langkah-langkah seperti yang disarankan mengenai latihan otak dapat membantu lansia dalam meminimalisir dampak rasa sakit yang mereka alami.

Langkah-langkah ini dapat dilakukan baik secara mandiri maupun dengan bantuan dari keluarga atau caregiver untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan mereka.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

BACA JUGA:3 Bahan Alami yang Bisa Bikin Miss V Jadi Keset Bonus Wangi

- Cobalah untuk mengalihkan otak dari sensasi sakit

Kategori :

Terpopuler