Kulkasmu Tidak Lagi Dingin? Jangan Panik, Ikuti Tips Ampuh ini untuk Mengatasinya!

Kulkasmu Tidak Lagi Dingin? Jangan Panik, Ikuti Tips Ampuh ini untuk Mengatasinya!

Foto: Ilustrasi by Pexels-Kevin Malik -pexels

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Kulkas adalah salah satu perangkat rumah tangga yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari yang berfungsi untuk menjaga makanan dan minuman tetap segar dan dingin.

Namun, terkadang kita menghadapi masalah ketika kulkas tidak lagi mampu menghasilkan suhu yang dingin, sehingga dapat mempengaruhi kualitasnya.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas beberapa tips mengatasi kulkas yang tidak dingin agar dapat mempertahankan kualitas makanan dan minuman di dalamnya.

BACA JUGA:Promo Chatime Akhir Pekan: Nikmati Diskon 50% untuk Minuman Favotitmu, Cek Syarat dan Ketentuannya!

1. Periksa Suhu Kulkas

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa suhu kulkas. Pastikan bahwa suhu yang diatur pada kulkas berada pada tingkat yang sesuai.

Idealnya, suhu dalam kulkas yang baik menurut Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat sekitar 40 derajat Fahrenhait atau 4,4 derajat celcius. Sedangkan suhu freezer yang ideal harus dalam suhu 0 derajat Fahrenhait atau -17 derajat celcius.

2. Periksa Kondisi Pintu Kulkas

Pintu kulkas yang tidak rapat dapat menyebabkan kebocoran udara dingin. Hal ini akan membuat kulkas bekerja lebih keras untuk menjaga suhu yang dingin, sehingga mengurangi efisiensi energi dan kemampuan pendinginan kulkas.

Pastikan pintu kulkas tertutup dengan rapat dan periksa apakah ada celah atau karet yang rusak. Jika ditemukan kerusakan, segera ganti karet pintu kulkas dengan yang baru.

BACA JUGA:Awas! Kenali Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang, Jangan Memperburuk Kesehatan

3. Bersihkan Kondensor

Kondensor adalah bagian kulkas yang memungkinkan panas untuk dikeluarkan dari dalam kulkas. Pastikan kondensor bersih dari debu dan kotoran. Anda dapat membersihkannya dengan sikat atau penyedot debu.

4. Periksa Kondisi Kompresor

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya