Update Korban Meninggal Dunia Akibat Erupsi Gunung Marapi: 11 Orang Tewas dan 12 Belum Ditemukan

Update Korban Meninggal Dunia Akibat Erupsi Gunung Marapi: 11 Orang Tewas dan 12 Belum Ditemukan

Update korban erupsi gunung Marapi-@pdg24jam-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Video viral menunjukkan seorang pendaki wanita terjebak di lereng Gunung Marapi, Sumatra Barat yang tengah mengalami erupsi dan memuntahkan abu vulkanik.

Kejadian tersebut menjadi sorotan publik karena melihat kondisi sang pendaki ini sudah terlihat lemah dan tidak berdaya, wajahnya penuh abu dan mengalami luka bakar yang cukup parah.

Dilansir dari akun X @pendakilawas, sebanyak 75 orang pendaki tengah berada di Gunung Marapi saat kejadian itu.

BACA JUGA:Kabar Bahagia! Alyssa Soebandono dan Dude Harlino Umumkan Kehamilan Anak Ketiganya

Dalam video yang ramai beredar di sosial media, terlihat seorang mahasiswi Politekni Negeri Padang (PNP) memperlihatkan keadaannya dan meminta bantuan kepada keluarga. 

Di foto lainnya juga terlihat beberapa pendaki laki-laki yang terkena abu vulkanik gunung Marapi. Kondisinya tak berbeda jauh dengan pendaki wanita tersebut.

Sebagai informasi, erupsi gunung Marapi ini terjadi pada Minggu, 3 Desember 2023 sekitar pukul 14.54 WIB. Tim SAR gabungan telah melakukan evakuasi terhadap korban erupsi Gunung Marapi.

Dari data yang dirilis kantor SAR Padang (Basarnas), masih ada beberapa orang pendaki dalam proses pencarian oleh tim gabungan.

BACA JUGA:Viral! Momen Haru Saat Seorang Ibu Meninggal dalam Pelukan Putrinya

Kepala Kantor SAR Padang Abdul Malik terdapat 11 orang dilaporkan meninggal dunia dan 12 orang dalam pencarian. Sebagian dari pendaki yang telah dievakuasi mengalami luka bakar yang cukup serius dan dilarikan ke RSUD Padang Panjang.

"Jumlah survive saat ini sudah mencapai 75 orang yang sudah terdaftar di posko, dan 49 sudah dievakuasi dengan selamat, sebagian sudah kembali ke rumah, dan sebagian di dua rumah sakit yaitu di Padang Panjang dan Bukit Tinggi," ucap Abdul Malik, dilansir akun Instagram @pdg24jam pada Senin, 4 Desember 2023.

"Dan selanjutnya untuk pencarian sampai pukul 07.10 WIB, Tim gabungan sudah berhasil menemukan tiga orang selamat dan 11 orang dalam keadaan mc delta (meninggal) dan saat ini lagi proses evakuasi dari puncak ke bawah. Jadi total temuan hari ini sampai pukul 07.10 yaitu berjumlah 14 orang dan yang dicari 12 orang," jelasnya.

BACA JUGA:Terharu! Cerita Menyentuh di Balik Restu Keluarga Ashraf Sinclair untuk Tiko Aryawardhana dan BCL

Sebagai informasi, Gunung Marapi, yang terletak di Provinsi Sumatra Barat, merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 2.891 meter di atas permukaan laut, Gunung Marapi sering menjadi tujuan para pendaki yang ingin menantang diri mereka sendiri dan menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya