Terungkap! Ini Penyebab Bibir Gelap, Baca Tips Ampuh untuk Mencerahkannya Kembali

Terungkap! Ini Penyebab Bibir Gelap, Baca Tips Ampuh untuk Mencerahkannya Kembali

cara atasi bibir pecah-pecah-@halodoc-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Bibir hitam bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti lingkungan, kesehatan, dan gaya hidup.

Jangan khawatir jika merasa kurang percaya diri karena bibir hitam bisa diatasi dengan perawatan khusus dan menghindari penyebabnya.

Beberapa langkah sederhana bisa membantu menyamarkan masalah ini dengan efektif.

BACA JUGA:Siap-siap Kaya! 7 Shio Ini Diprediksi Mendapat Cuan dan Hoki Setelah Bulan Juni 2024

Berbeda dengan bagian tubuh lainnya, kulit bibir sangat rentan mengalami kekeringan karena tidak dilengkapi dengan kelenjar minyak yang mampu memproduksi pelumas alami untuk menjaga kelembapannya.

Selain itu, beberapa faktor lain dapat memicu kekeringan pada bibir seperti kebiasaan menjilat bibir, kurangnya asupan air, paparan sinar matahari yang berlebihan dan lingkungan dengan udara kering.

Kondisi bibir kering ini sering kali menjadi masalah karena terjadi di area yang langsung terlihat, sehingga dapat mempengaruhi penampilan dan menurunkan kepercayaan diri, oleh karena itu banyak orang yang berusaha mencari solusi untuk mengatasi bibir kering agar penampilan mereka tetap prima.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai penyebab bibir kering atau bahkan bibir yang menjadi hitam, berikut adalah penjelasan terperinci yang dapat membantu mengatasi masalah ini.

BACA JUGA:5 Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan Manusia

1. Gaya Hidup Yang Tidak Sehat

Sering mengonsumsi alkohol dapat menjadi salah satu penyebab utama bibir kering dan berubah warna menjadi hitam, hal ini disebabkan oleh reaksi asam yang terkandung dalam alkohol yang dapat mengiritasi kulit bibir dikarenakan alkohol memiliki efek diuretik yang menyebabkan tubuh kehilangan cairan sehingga memicu dehidrasi yang berdampak langsung pada kekeringan dan pecah-pecahnya kulit bibir.

Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir menjadi lebih gelap namun tak hanya alkohol, kebiasaan merokok juga merupakan faktor signifikan yang menyebabkan bibir tampak hitam.

Zat-zat kimia seperti nikotin dan benzpyrene yang terdapat dalam rokok merangsang produksi melanin di kulit, melanin ini adalah pigmen yang menyebabkan kulit bibir menjadi lebih gelap, kombinasi kedua kebiasaan tersebut dapat memperburuk kondisi bibir dengan membuatnya tidak hanya kering dan pecah-pecah tetapi juga berubah warna menjadi hitam.

BACA JUGA:Pria Ini Tewas Kena Hantam Kereta Gegara Jogging Pakai Headset, Benarkah Ada Setan Budeg?

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya