Optimisme Penerbangan di BIJB Kertajati Lonjakan Penumpang dan Kargo Selama Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Optimisme Penerbangan di BIJB Kertajati Lonjakan Penumpang dan Kargo Selama Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

--angkasapura2

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, merilis data positif terkait aktivitas penerbangan selama libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Menurut Executive General Manager BIJB, Nuril Huda Mahmudan, jumlah penumpang yang tercatat mencapai 30.078 orang dengan total 220 penerbangan.

Periode pencatatan data berlangsung mulai 23 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024, dengan tingkat keterisian pesawat (load factor) rata-rata mencapai 81,8 persen. Dari seluruh rute perjalanan yang tersedia, tingkat okupansi pesawat tertinggi terjadi pada penerbangan menuju Denpasar, Bali, dengan persentase mencapai sekitar 60 persen.

"Selama libur panjang ini, kami mencatat tingkat okupansi pesawat tertinggi menuju Denpasar, diikuti oleh Balikpapan dengan sekitar 19 persen, dan Kualanamu Medan sekitar 11 persen," ujar Nuril.

Selain peningkatan jumlah penumpang, BIJB Kertajati juga mencatat lonjakan signifikan dalam sektor penerbangan kargo. Jumlah barang yang diangkut selama libur panjang mencapai 150 ton, menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan dalam sektor ini.

BACA JUGA:Update Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Hari Ini, Sabtu 6 Januari 2024

Meskipun terjadi lonjakan aktivitas selama libur, BIJB Kertajati berhasil menjaga tingkat keterisian pesawat di atas 80 persen, mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan dan fasilitas yang disediakan oleh bandara ini.

Dalam menghadapi tahun 2024, Nuril Huda Mahmudan menyatakan bahwa BIJB Kertajati akan mengoptimalkan izin rute penerbangan yang sudah ada saat ini. Upaya ini sebagai bagian dari strategi pengembangan untuk menjaga tren positif dalam aktivitas penerbangan di bandara tersebut.

"Tahun depan, kami juga berencana menambah penerbangan kargo dari maskapai Citilink, sebagai langkah proaktif untuk mengakomodasi permintaan yang terus meningkat dalam sektor ini," tambahnya.

Dalam konteks pelayanan terhadap penumpang, BIJB Kertajati tidak hanya fokus pada aspek operasional, tetapi juga melibatkan masyarakat dengan sosialisasi dan edukasi. Langkah ini ditempuh untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang aksesibilitas fasilitas penerbangan yang semakin mudah dijangkau.

BACA JUGA:Promo Janji Jiwa: Nikmati Kopi Kekinian Favoritmu dengan Harga Mulai dari Rp12.000!

"Kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang. Saat ini, akses menuju BIJB Kertajati sudah cukup mudah, dan kami terus mengedukasi masyarakat agar semakin banyak yang memanfaatkannya," ungkap Nuril.

Selain itu, BIJB Kertajati juga menggencarkan kegiatan promosi guna meningkatkan minat dan partisipasi dalam aktivitas penerbangan di bandara ini pada tahun 2024. Dengan tiga kota besar, yakni Medan, Balikpapan, dan Denpasar, menjadi fokus utama sebagai tujuan penerbangan.

"Kerja sama dengan pelaku wisata di tiga kota besar tersebut menjadi strategi penting kami. Kami optimis bahwa dengan berbagai upaya ini, aktivitas penerbangan di BIJB Kertajati akan semakin ramai pada tahun mendatang," pungkas Nuril Huda Mahmudan.

Dengan pencapaian positif selama libur panjang Natal dan Tahun Baru, BIJB Kertajati menunjukkan bahwa bandara ini telah menjadi magnet bagi penumpang dan kargo, serta berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan kontribusinya dalam pengembangan sektor penerbangan di Jawa Barat.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya