Asik! Catat Jadwal Cuti Bersama Waisak 2024

Asik! Catat Jadwal Cuti Bersama Waisak 2024

Tanggal merah di kalender mei 2024-freepik-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Perayaan Waisak adalah momen yang sakral bagi umat Buddha, karena pada hari tersebut mereka memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Siddhartha Gautama, yaitu kelahirannya, pencerahan (nirwana), dan kematian (parinirvana). 

Perayaan ini sering kali diwarnai dengan upacara keagamaan, pembacaan ajaran Buddha, meditasi, serta kegiatan amal dan pengabdian kepada sesama.

Pemerintah telah menetapkan tanggal peringatan Waisak tahun 2024 melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) dari tiga Menteri terkait yang mengatur tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024. 

BACA JUGA:Jangan Lewatkan Promo Spesial HUT Hokben ke-39 Cuma Rp 3.900, Begini Cara Dapatkannya!

Waisak merupakan salah satu hari besar keagamaan yang diperingati oleh umat Buddha di seluruh dunia.

Tanggal peringatan hari raya Waisak di Indonesia telah ditetapkan sebagai salah satu tanggal merah untuk hari libur nasional. 


Rahasia Weton: Eksplorasi Kalender Jawa dan Cara Menghitungnya yang Mempesona-foto-Istimewa

Keputusan ini diambil sebagai bentuk penghormatan dan pengakuan terhadap pentingnya perayaan agama Buddha bagi umatnya di Indonesia. 

Dengan menetapkan Waisak sebagai hari libur nasional, pemerintah memberikan kesempatan bagi umat Buddha dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan untuk merayakan dan menghormati peristiwa bersejarah dalam agama Buddha tersebut.

BACA JUGA:Nikmati Promo Spesial Ultah Hokben ke-39 dengan Harga Mulai dari Rp 3.900 via Ojek Online!

Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) dari tiga Menteri terkait tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, tanggal peringatan Hari Raya Waisak tahun 2024 jatuh pada tanggal 23 Mei, yang merupakan hari Kamis. 

Sesuai dengan ketentuan dalam SKB tersebut, tanggal 23 Mei 2024 telah ditetapkan sebagai tanggal merah untuk memperingati Hari Raya Waisak.

Di Tahun 2024, Hari Raya Waisak merupakan peringatan dari momen bersejarah dalam tradisi Buddha, yakni Hari Raya Waisak ke-2568 dalam Buddhist Era (BE). 

Perayaan ini merupakan bagian integral dari kalender agama Buddha, diperingati setiap bulan kelima dalam sistem waktu Buddhist Era atau biasa dikenal dengan bulan Vaisakha (Waisak).

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Sumber: