5 Alasan Kamu Harus Optimis jika Menderita Kanker, Yakin Bisa Bertahan Hidup!

5 Alasan Kamu Harus Optimis jika Menderita Kanker, Yakin Bisa Bertahan Hidup!

5 Alasan Kamu Harus Optimis jika Menderita Kanker, Yakin Bisa Bertahan Hidup!---Freepik

2. Senjata baru untuk mengobati kanker

Saat ini, “konjugat antibodi-obat (ADC)” sedang dalam proses pengobatan. Cheng menggambarkan senyawa tersebut terdiri dari “agen sitotoksik yang dapat membunuh sel kanker secara langsung, dan antibodi yang dapat menargetkan antigen kanker pada permukaan sel kanker”.

“Antibodi membantu mengantarkan agen sitotoksik yang dinonaktifkan ke sel kanker tertentu di mana agen sitotoksik diaktifkan dan memberikan efek mematikannya, sehingga sel-sel normal yang sehat tidak terlalu terpengaruh.”

Meski masih dalam tahap awal, pasien kanker telah merespons dengan baik terhadap ADC dalam uji klinis.

BACA JUGA:Ternyata Ekstrak Buah Labu Siam Bisa Meredakan Sakit Maag, Simak Penjelasannya

3. Diagnosis dan pencegahan kanker berkembang

Bukan hanya pengobatan kanker yang mengalami kemajuan besar – tetapi juga tindakan pencegahan dan diagnostik.

Vaksin adalah contohnya. Cheung menjelaskan cara kerjanya. “Tidak seperti vaksin tradisional yang bertujuan untuk mencegah penyakit terulang kembali, vaksin kanker terapeutik melatih sistem kekebalan pasien, memungkinkan sel T (limfosit, sejenis sel darah putih) untuk berpatroli di tubuh untuk mencari sel kanker dan menghancurkannya.”

4. Mengungkap petunjuk pra-kanker

Profesor Patrick Tan, wakil dekan senior bidang penelitian di Duke-NUS Medical School di Singapura dan seorang profesor di program biologi kanker dan sel induk di sekolah tersebut, baru-baru ini menerbitkan penelitiannya di jurnal Cancer Cell.

BACA JUGA:Viral Dua Pengantin Menikah Kompak Sama-sama Dapat Pasangan Kembar: 'Langka'

5. Meningkatnya peran AI

Kecerdasan buatan, atau AI, memainkan peran besar dalam memerangi kanker. Sangat penting untuk mengembangkan database yang besar untuk meningkatkan keberhasilan obat dalam uji klinis, dan untuk menyempurnakan diagnosis dengan identifikasi kanker yang lebih cepat dan efektif.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya