6 Makanan Pemicu Jerawat, Stop Sekarang Kalau Nggak Mau Breakout Parah!

6 Makanan Pemicu Jerawat, Stop Sekarang Kalau Nggak Mau Breakout Parah!

6 Makanan Pemicu Jerawat, Yuk Hindarkan!-FOTO-ISTIMEWA

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Hindarkan makanan yang bisa menyebabkan wajah jerawat dan perlu dihindarkan

Jerawat adalah kondisi kulit yang umum, terutama pada masa remaja, yang ditandai dengan munculnya lesi atau benjolan kecil yang meradang pada kulit, terutama di wajah, dada, punggung, dan area lain yang memiliki banyak kelenjar minyak. 

Jerawat dapat berkisar dari jerawat ringan, seperti komedo (komedo terbuka dan tertutup) dan whitehead, hingga jerawat yang lebih parah seperti jerawat inflamasi (jerawat merah, bernanah) dan jerawat nodulokistik (benjolan besar yang sangat meradang di bawah kulit).

BACA JUGA:7 Tips Jitu Mengatasi Gengsi Berlebih, Yuk Pelajari Cara Menanganinya!

Jerawat biasanya disebabkan oleh kombinasi dari beberapa faktor, termasuk:

-Produksi Minyak yang Berlebihan: Kelenjar minyak yang berada di bawah kulit dapat menghasilkan terlalu banyak minyak (sebum), yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

-Peradangan: Peradangan dalam pori-pori kulit dapat terjadi karena bakteri Propionibacterium acnes yang hidup secara alami di kulit manusia. Ketika pori-pori tersumbat dan terjadi peradangan, jerawat dapat muncul.

-Penumpukan Sel Kulit Mati: Sel-sel kulit mati yang tidak terkelupas secara normal dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan perkembangan jerawat.

BACA JUGA:4 Bahan Dapur Ini Bisa Diolah Jadi Minuman Kolagen, Cocok untuk Usia 50 Tahunan

-Perubahan Hormonal: Perubahan hormon selama masa pubertas atau siklus menstruasi wanita dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak kulit, yang memperburuk jerawat.

-Faktor Genetik: Kemungkinan genetik juga dapat memainkan peran dalam kerentanan seseorang terhadap jerawat.

Jerawat dapat menjadi sumber ketidaknyamanan fisik dan emosional bagi banyak orang. 

Pengobatan jerawat dapat melibatkan berbagai pendekatan, termasuk perawatan topikal seperti krim atau salep, obat oral, prosedur dermatologis seperti pengeluaran komedo atau terapi cahaya, serta perubahan gaya hidup seperti diet sehat dan rutin perawatan kulit.

BACA JUGA:9 Tips Jalin Hubungan dengan Mertua, Cegah Terjadinya Percekcokan

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya