Penjelasan Tentang Manfaat Makan Biji Kurma, Bisa Jadi Alternatif Suplemen Berbiaya Rendah Loh

Penjelasan Tentang Manfaat Makan Biji Kurma, Bisa Jadi Alternatif Suplemen Berbiaya Rendah Loh

Sederet Manfaat Makan Biji Kurma, Bisa Jadi Alternatif Suplemen Berbiaya Rendah Loh-azerbaijan_stockers-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Ketika memakan kurma, kebanyakan orang biasanya membuang bagian bijinya.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa biji kurma sebenarnya memiliki banyak manfaat kesehatan yang sangat berharga?

Biji kurma mengandung sejumlah nutrisi dan zat fungsional penting, seperti polifenol, asam fenolik, karotenoid, serat pangan, lemak, protein, mineral, dan lainnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Tabriz University of Medical Sciences, Iran, yang dipimpin oleh Elham Moelemi, Parvin Dehghan, dan Mostafa Khani, telah menemukan potensi luar biasa dari biji kurma (Phoenix dactylifera) terhadap kesehatan dan kinerja individu yang aktif.

BACA JUGA:Peringatan Penting: Kenali Risiko Efek Samping Makan Kurma Berlebihan!

Dalam sebuah uji coba terkontrol yang dirancang dengan cermat, peneliti mengevaluasi efek suplementasi bubuk biji kurma terhadap asupan nutrisi, stres oksidatif, status anti/inflamasi, kesehatan mental, dan kinerja olahraga pada individu yang rutin bergerak.

Menurut informasi dari National Library of Medicine, bubuk biji kurma diyakini memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja olahraga pada individu yang aktif, khususnya bagi mereka yang melakukan latihan interval intensitas tinggi (HIIT).

Studi sebelumnya pada manusia dan binatang telah mengindikasikan hasil yang positif terkait dengan pengaruh biji kurma terhadap sistem pertahanan antioksidan, peradangan, hiperglikemia, hiperlipidemia, serta kesehatan mental.

Penemuan ini menunjukkan bahwa biji kurma memiliki potensi sebagai suplemen yang bermanfaat dengan biaya yang terjangkau untuk menjaga kesehatan secara holistik.

BACA JUGA:Awas Ada 21 Merk Kurma Hasil Produksi Israel, Wajib Muslim Hindari!

BACA JUGA:Jenis Kurma Favorit Saat Berbuka Puasa yang Wajib Kamu Coba, Temukan Seleramu Disini!

Meskipun telah ada penelitian sebelumnya mengenai manfaat biji kurma, belum terdapat penelitian yang secara spesifik mengkaji konsumsi bubuk biji kurma pada individu yang aktif secara fisik, terutama dalam konteks latihan interval intensitas tinggi.

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa biji kurma merupakan sumber nutrisi penting yang layak untuk dieksplorasi lebih lanjut dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kinerja olahraga individu yang aktif.

Teruslah mencari informasi dan pengetahuan baru mengenai manfaat biji kurma untuk kesehatan Anda!

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya