Benarkah Baterai HP Bisa Lebih Awet Jika Charge Tak Sampai 100 Persen? Terungkap Jawabannya!

Benarkah Baterai HP Bisa Lebih Awet Jika Charge Tak Sampai 100 Persen? Terungkap Jawabannya!

Fakta Atau Mitos Baterai Smartphone-@fabrikasimf-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Pada pertanyaan seputar bagaimana cara yang terbaik untuk mengisi data baterai pada smartphone telah menjadi sebuah topik yang sangat hangat di perdebatkan di antara para pengguna gadget.

Ada salah satu pernyataan yang sering sekali muncul adalah bahwa sebaiknya tidak mengisi daya pada ponsel hinggal sampai 100% jika ingin memperpanjang umur baterai ponsel.

Namun dari itu, seberapa benar nya dari pernyataan ini? Mari kita telusuri lebih lanjut lagi untuk dapat memisahkan antara mitos atau fakta.

BACA JUGA:Penjelasan Tentang Manfaat Makan Biji Kurma, Bisa Jadi Alternatif Suplemen Berbiaya Rendah Loh

Mitos: Jangan Charge HP sampai 100 persen agar Baterai Lebih Awet.

Pada sebagian orang sudah telah percaya bahwa jika mengisi daya baterai pada posel hingga 100% akan menyebabkan baterai akan cepat rusak dan memendekkan umur pakainya.

Mereka telah berpendapat bahwa jika menahan daya pada baterai di kisaran 20% hingga sampai 80% akan membuat baterai akan tetap sehat dan tahan lama.

Pada argumen ini sudah didasarkan pada keyakinan bahwa siklus pada pengisian daya yang terlalu sering atau terlalu panjang juga dapat menyebabkan degradasi baterai yang akan lebih cepat. 

BACA JUGA:Rian Mahendra 'Kabur' Kemana? Ini Respons Dirut Cantik PO MTI

Fakta: Penanganan yang Tepat Lebih Penting daripada Persentase Pengisian Daya.

Pada sebagian besar dari baterai smartphone modern telah menggunakan teknologi lithium-ion, yang telah memiliki sebuah mekanisme manajeman daya yang sangat canggih.

Hal ini berarti bahwa pada smartphone sudah telah di rancang untuk dapat mengatur pada pengisian daya secara otomatis dan dapat mencegah pada baterai yang terlalu di isi atau terlalu kosong.

Pada pengisian daya hingga sampai 100% pada umumnya tidak akan merusak baterai ponsel.

BACA JUGA:Non Islam Berburu Takjil Apa Pandangan Islam? Mamah Dedeh: Yang Kurang Baik Itu...

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait