Rahasia Tetap Sehat di Hari Raya Idul Fitri: Cegah Gangguan Kesehatan dengan 6 Cara Ini!

Rahasia Tetap Sehat di Hari Raya Idul Fitri: Cegah Gangguan Kesehatan dengan 6 Cara Ini!

Rahasia Tetap Sehat di Hari Raya Idul Fitri: Cegah Gangguan Kesehatan dengan 6 Cara Ini!-fabrikasimf-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Hari raya Idul Fitri atau yang biasa disebut dengan Lebaran merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. 

Lebaran biasanya menjadi momen berkumpul dengan keluarga, bertemu dengan sahabat, dan tentunya menikmati hidangan lezat yang disajikan di meja makan.

Namun, seringkali kita lupa untuk tetap menjaga kesehatan kita, jangan khawatir! berikut beberapa tips agar Anda tetap sehat selama perayaan lebaran.

BACA JUGA:Keberuntungan Shio Kerbau di Bulan April 2024: Ada Tips Ampuh Agar Kisah Cintamu Berjalan Mulus!

1. Tetap Penuhi Kebutuhan Serat


Rahasia Tetap Sehat di Hari Raya Idul Fitri: Cegah Gangguan Kesehatan dengan 6 Cara Ini!-freepik-freepik

Salah satu tips penting agar tetap sehat saat Lebaran adalah dengan tetap memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh kita. Ada banyak sumber makanan yang mengandung serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. 

Saat Lebaran, kita seringkali tergoda untuk mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi lemak dan rendah serat, seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan kue-kue manis. Maka, penting untuk tetap mengonsumsi 2-3 porsi buah dan 3-4 porsi sayur per hari untuk mengindari dari kolesterol dan memperlancar pencernaan.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Selain itu, pastikan juga untuk tetap mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya yaitu 8 gelas air putih per hari. Saat Lebaran, kita seringkali lupa untuk minum air putih karena sibuk dengan berbagai kegiatan. 

Padahal, tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup untuk menjaga kesehatan organ-organ tubuh. Jika kita kurang minum air putih, kita bisa mengalami dehidrasi yang dapat berdampak buruk pada kesehatan kita. 

BACA JUGA:5 Tips Kelola Uang THR untuk Dijadikan Modal Memulai Usaha, Jangan Langsung Dihabiskan!

3. Gunakan Piring Kecil

Saat kita merayakan Lebaran, makanan lezat dan beragam pasti menjadi menu wajib di meja makan. Dengan piring kecil, kita cenderung untuk mengambil porsi yang lebih kecil sehingga tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh kita.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya