Bom dan Virus, Ini Rangkaian Sejarah Serangan Israel ke Iran

Bom dan Virus, Ini Rangkaian Sejarah Serangan Israel ke Iran

Bom Dan Virus, Ini Dia Rangkaian Sejarah Serangan Israel Ke Iran-senivpetro-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Mulai dari serangan siber dan pembunuhan hingga serangan pesawat tak berawak, rencana yang terkait dengan Israel telah menargetkan Iran dan program nuklirnya selama bertahun-tahun.

Para pemimpin Israel telah memberi isyarat bahwa mereka sedang mempertimbangkan pilihan mereka tentang bagaimana menanggapi serangan Iran pada Minggu pagi, ketika Teheran menargetkan musuh bebuyutannya dengan lebih dari 300 rudal dan drone .

Serangan Iran, yang terjadi setelah  serangan Israel pekan lalu terhadap konsulat Iran di Damaskus, Suriah, yang menewaskan 13 orang adalah sebuah peristiwa bersejarah: Ini adalah pertama kalinya Teheran secara langsung menargetkan tanah Israel, meskipun ada permusuhan selama beberapa dekade.

BACA JUGA:Ngeri! Amerika Berikan Dana Perang Besar–besaran Lagi ke Israel, Siap Serang Balik Iran?

Hingga hari Minggu, banyak sekutu Iran dalam poros perlawanan – terutama kelompok Palestina Hamas, kelompok Hizbullah Lebanon, Houthi Yaman dan kelompok bersenjata di Irak dan Suriah – adalah pihak-pihak yang meluncurkan rudal dan drone ke Israel.

Namun jika Israel melakukan serangan balik secara militer di Iran, ini bukan pertama kalinya. Jauh dari itu.

Selama bertahun-tahun, Israel fokus pada satu sasaran khususnya di Iran: program nuklir negara tersebut.

Israel telah lama menuduh Iran secara diam-diam membuat bom nuklir yang dapat mengancam keberadaannya – dan secara terbuka, dan sering kali, berbicara tentang upaya diplomatik dan intelijen untuk menggagalkan dugaan upaya tersebut.

BACA JUGA:SOUNDSFEST 2024 di Summarecon Mall Bekasi: Line Up Konser, Tanggal, dan Cara Beli Tiket

Iran menyangkal bahwa mereka mempunyai program nuklir militer, dan berargumentasi bahwa mereka mempunyai hak untuk mengakses energi nuklir sipil.

Saat Israel mempersiapkan tanggapannya, berikut ini adalah serangkaian serangan di Iran – mulai dari serangan pesawat tak berawak dan serangan siber hingga pembunuhan ilmuwan dan pencurian rahasia yang Israel akui sebagai dalangnya atau dituduh mengaturnya.

Pembunuhan ilmuwan Iran

• Januari 2010 : Seorang profesor fisika di Universitas Teheran, Masoud Ali-Mohammadi , terbunuh akibat bom yang dikendalikan dari jarak jauh yang ditanam di sepeda motornya. Media pemerintah Iran mengklaim bahwa AS dan Israel berada di balik serangan itu. Pemerintah Iran menggambarkan Ali-Mohammadi sebagai ilmuwan nuklir.

• November 2010 : Seorang profesor di fakultas teknik nuklir di Universitas Shahid Beheshti di Teheran, Majid Shahriari , tewas dalam ledakan mobil dalam perjalanan ke tempat kerja. Istrinya juga terluka. Presiden Iran saat itu, Mahmoud Ahmadinejad, menyalahkan Amerika Serikat dan Israel atas serangan tersebut.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Sumber: