Ketegangan Iran-Israel Meningkat Sejak Perang di Gaza

Ketegangan Iran-Israel Meningkat Sejak Perang di Gaza

ketegangan Iran-Israel meningkat sejak perang di Gaza-freepik-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID -  Media pemerintah Iran melaporkan pada hari Jumat bahwa negara tersebut telah mengaktifkan sistem pertahanan udaranya di pusat kota Isfahan, untuk menjatuhkan tiga objek udara, di tengah suara ledakan. Penerbangan dihentikan sebentar di banyak wilayah di negara itu, sebelum peringatan dicabut.

Stasiun penyiaran AS, mengutip pejabat senior Amerika, melaporkan bahwa rudal Israel telah menghantam Isfahan.

Para pejabat Iran mengatakan mereka masih mengkonfirmasi sumber serangan drone tersebut , sementara Israel belum mengomentari insiden tersebut.

BACA JUGA:Kadar Gula pada Sereal-Susu Nestle Meningkat di Beberapa Negara? Cek Faktanya

Sementara itu, kantor berita milik negara SANA mengutip seorang pejabat militer yang mengatakan bahwa serangan rudal pada dini hari telah merusak situs pertahanan udara di wilayah selatan negara itu.

Laporan itu menyalahkan Israel.

Ledakan di Isfahan dan serangan di Suriah terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara Timur Tengah tersebut sejak Israel memulai perangnya di Gaza.

Meskipun Israel dan Iran telah terjebak dalam “ perang bayangan ” selama beberapa dekade, beberapa bulan terakhir ini ketegangan telah mencapai titik didih – dan memicu kekhawatiran akan konflik regional yang lebih luas.

BACA JUGA:Kilat Petir Vulkanik: Aktivitas Gunung Ruang Terus Meningkat

Berikut kronologi peningkatan eskalasi yang terjadi baru-baru ini sejak pecahnya perang Gaza menyusul serangan terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober oleh kelompok Palestina Hamas.

7 Oktober: Serangan pimpinan Hamas terhadap Israel

Hamas melancarkan serangan mendadak yang dijuluki Operasi Banjir Al-Aqsa di Israel selatan.

Beberapa jam setelah serangan tersebut, Israel mulai membombardir Gaza, berjanji untuk mengalahkan Hamas namun menargetkan sebagian besar warga sipil – baik melalui bom maupun pengepungan yang semakin ketat yang menyebabkan daerah kantong tersebut berada di jurang kelaparan.

Lebih dari 33.000 orang telah terbunuh di Gaza sejak saat itu, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Sumber: