Parto Patrio Menderita Sakit Batu Ginjal Gara-gara Sering Makan Kacang?

Parto Patrio Menderita Sakit Batu Ginjal Gara-gara Sering Makan Kacang?

Parto Patrio Menderita Sakit Batu Ginjal Gara-gara Sering Makan Kacang?-@dienz_36-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Komedian senior Parto Patrio beberapa hari yang lalu sempat mengalami masalah kesehatan yang cukup serius.

Menurut diagnosa dokter, Parto Patrio didiagnosis menderita batu ginjal dan membutuhkan tindakan operasi.

Batu ginjal yang terbentuk di tubuhnya disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuhnya.

Namun, selain itu, Parto juga mengungkapkan bahwa faktor lain yang menyebabkan penyakitnya adalah pola makan sehari-hari.

BACA JUGA:Jasa Marga Konfirmasi Sebanyak 292.820 Kendaraan Cabut dari Jabodetabek Selama Libur Waisak

"Menurut dokter, batu ginjal saya disebabkan oleh tingginya asam urat dalam tubuh, bukan karena saya kurang minum. Jadi, kurang minum (sebagai penyebab pertama) dan batu ginjal dari asam urat," ujar Parto ketika ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

Selain itu, konsumsi kacang-kacangan juga berperan dalam mempengaruhi kesehatannya. Parto mengaku gemar mengonsumsi kacang, namun tidak menyadari bahwa hal tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuhnya.

Ternyata Parto mengonsumsi kacang dengan harapan bisa meningkatkan kesehatan jantungnya, namun ironisnya malah menimbulkan masalah lain.

"Saya suka kacang karena dianggap baik untuk kesehatan jantung. Tapi, ternyata efek sampingnya malah meningkatkan asam urat," ungkap Parto.

BACA JUGA:Filmnya Laris, Sutradara Film 'How to Make Millions Before Grandma Dies’ Kunjungi Jakarta

Parto juga mengakui bahwa masalah pada ginjalnya sudah diketahui sejak lama, namun baru kali ini ia mengetahui bahwa pasir yang ada di ginjalnya telah menggumpal menjadi batu.

Dalam kondisi seperti ini, penting bagi Parto untuk mengubah pola makan dan gaya hidupnya agar bisa memperbaiki kondisi kesehatannya.

Mengurangi konsumsi makanan yang tinggi purin seperti daging merah, seafood, dan alkohol serta meningkatkan asupan air putih sehari-hari adalah langkah awal yang dapat dilakukan.

Alangkah baiknya menghindari makanan yang tinggi dalam kadar asam oksalat seperti kacang-kacangan karena juga merupakan bagian penting dalam perubahan pola makan.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya