Waspada! 6 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Mengonsumsi Obat

Waspada! 6 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Mengonsumsi Obat

Waspada! 6 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Mengonsumsi Obat-freepik-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Tahukan kamu bahwa ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari saat sebelum dan sesudah minum obat.

Beberapa buah memiliki interaksi yang tidak baik dengan obat-obatan tertentu, maka bagi kalian yang tengah mengonsumsi obat-obatan perlu memperhatikan informasi penting ini.

Dilansir dari Kanal Youtube SB30Health, simak berikut 6 jenis buah-buahan yang tidak boleh dimakan sebelum dan setelah minum obat.

BACA JUGA:5 Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan Manusia

1. Grapefruit atau Jeruk Limau Gedang

Salah satu jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi setelah atau sebelum minum obat adalah grapefruit alias buah dari golongan buah citrus sejenis jeruk dan lemon. Grapefuit mengandung furanokuramin, yaitu senyawa organis yang dapat menghambat aksi enzim di hati dan usus yang berguna untuk memetabolisme banyak obat.

Ketika enzim dinonaktifkan oleh buah ini, maka kadar obat di dalam tubuh dapat meningkat. Dengan efek samping yang timbul ini bisa menyebabkan bahaya pada tubuh.

Ada beberapa jenis obat yang perlu diperhatikan dan dihindari ketika mengonsumsi buah ini, yaitu diantaranya adalah obat penurun kolesterol, obat jantung, obat sistem kekebalan dan obat alergi.

2. Durian

Buah selanjutnya yang tidak boleh dikonsumsi setelah atau sebelum mengkonsumsi obat adalah buah durian. Durian mengandung methanol, ethanol, sulfur, dan alkohol.

BACA JUGA:5 Buah Ini Bisa Cerahkan Kulit Secara Alami, Buktikan Sendiri!

Dengan kandungan yang dimiliki oleh durian, maka sangat berbahaya jika mengkonsumsinya setelah atau sebelum minum obat. Bahkan dengan mengkonsumsi durian, dapat mengganggu dalam penyerapan obat.

Perlu diwaspadai bagi beberapa keluhan penyakit seperti penderita sakit maag, hipertensi dan diabetes. Jadi bagi kalian yang mengkonsumsi obat-obatan hipertensi, diabetes, penderita maag, maka perlu menghindari buah durian sebelum atau setelahnya.

3. Buah Vitamin C

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya