8 Tips Memakai Retinol yang Benar untuk Pemula, Salah Dikit Bisa Iritasi!

8 Tips Memakai Retinol yang Benar untuk Pemula, Salah Dikit Bisa Iritasi!

Tips Memakai Retinol Yang Benar Untuk Pemula-@AVOSKIN-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Bagi para pemula, pemakaian retinol bisa terasa menakutkan, sebab kalau salah justru akan menyebabkan iritasi pada kulit.

Maka dari itu penting sekali untuk memahami bagaimana cara yang benar dalam memakai retinol agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Berikut ini beberapa tips memakai retinol yang benar agar kamu bisa terhindar dari iritasi dan bisa mendapatkan hasil yang diimpikan.

BACA JUGA:Sarwendah dan Ruben Onsu Datangi Acara Wisuda Onyo, Rumah Tangga Membaik?

1. Pilih Produk Sesuai Jenis Kulit

Kalau kamu memiliki kulit sensitif, carilah produk perawatan kulit yang mengandung retinyl palmitate. Retinyl palmitate adalah kombinasi dari asam palmitat dan retinol, yang dirancang untuk lebih lembut pada kulit sensitif.

Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat, produk retinol dengan kandungan adapalene merupakan pilihan yang lebih baik, sebab adapalene dikenal efektif dalam mengatasi masalah kulit berminyak dan jerawat.

Sedangkan untuk kamu yang memiliki jenis kulit normal, retinol murni tanpa tambahan bahan atau senyawa lainnya bisa menjadi pilihan terbaik, produk ini bisa memberikan manfaat retinol secara langsung tanpa risiko iritasi dari bahan campurannya.

BACA JUGA:Robby Purba Akhirnya Minta Maaf Setelah Kejadian Satpam Pukul Anjing Berujung Pemecatan

2. Pilih Produk Dengan Kandungan Retinol Yang Rendah

Kalau kamu memiliki kulit sensitif atau baru pertama kali mencoba produk berbahan retinol, disarankan untuk memulai dengan konsentrasi retinol yang rendah, yaitu 0,01%, hal ini bertujuan untuk memberikan waktu bagi kulit untuk beradaptasi dengan kandungan retinol.

Setelah kamu menggunakan retinol dengan konsentrasi rendah selama sekitar dua minggu dan tidak mengalami gejala iritasi, kamu bisa secara bertahap meningkatkan konsentrasi retinol, kamu bisa beralih ke konsentrasi 0,25%, kemudian setelah dua minggu lagi, meningkatkan konsentrasinya menjadi 0,5%.

Pendekatan bertahap ini membantu kulit untuk menyesuaikan diri dengan retinol secara perlahan, mengurangi risiko iritasi dan memastikan kulit mendapatkan manfaat optimal dari retinol tanpa efek samping yang berlebihan.

BACA JUGA:Mampu Atasi Hipertensi, Ini 9 Manfaat Lain dari Daun Mengkudu

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya