Terungkap! Ini Penyebab Bibir Gelap, Baca Tips Ampuh untuk Mencerahkannya Kembali

Terungkap! Ini Penyebab Bibir Gelap, Baca Tips Ampuh untuk Mencerahkannya Kembali

cara atasi bibir pecah-pecah-@halodoc-Instagram

2. Genetik 

Salah satu penyebab bibir berwarna hitam adalah faktor genetik atau keturunan.

Individu yang terlahir dengan kulit berwarna lebih gelap atau memiliki tingkat pigmen melanin yang tinggi dalam tubuh mereka cenderung memiliki warna bibir yang lebih gelap.

Orang-orang ini lebih mungkin memiliki bibir dengan rona yang cenderung lebih pekat karena pengaruh genetik dan pigmen alami dalam kulit mereka.

BACA JUGA:Ramalan Harian Shio Kerbau, Ular, Kambing dan Anjing Hari Selasa, 18 Juni 2024

3. Kurang Zat Besi dan Hiperpigmentasi

Bibir yang tampak lebih gelap bisa disebabkan oleh berbagai faktor termasuk kekurangan zat besi atau anemia, kondisi ini menurunkan kadar hemoglobin sehingga menyebabkan perubahan warna pada kulit termasuk bibir yang menjadi lebih gelap.

Selain itu, produksi melanin yang berlebihan atau hiperpigmentasi juga dapat menjadi penyebab utama bibir hitam, hiperpigmentasi sering kali dipicu oleh paparan sinar UV yang berlebihan terutama jika tidak dilindungi dengan penggunaan pelembap bibir yang mengandung SPF 30.

Akibatnya, sinar matahari dapat merusak kulit bibir, mempercepat produksi melanin dan membuat bibir tampak lebih gelap dari biasanya.

BACA JUGA:Emosi Kadang Tidak Stabil? Tips Ini Bisa Mengatasinya

Bibir hitam dapat mempengaruhi penampilan sehari-hari dan membuat seseorang merasa kurang percaya diri dan untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa solusi dan tips perawatan yang bisa dilakukan agar bibir tetap sehat dan cerah.

Pertama, lakukan eksfoliasi bibir secara rutin dengan penggunaan scrub bibir dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga warna bibir menjadi lebih cerah lalu bisa juga memilih scrub alami seperti gula, minyak zaitun, minyak kelapa, oatmeal, madu, atau kunyit sebagai alternatif yang efektif dan aman.

Selain itu, penting untuk menghindari merokok dan mengurangi konsumsi alkohol dikarenakan kedua kebiasaan ini dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat bibir menjadi hitam.

Mengurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh juga dapat membantu karena kafein dapat memicu dehidrasi yang menyebabkan bibir kering dan gelap, oleskan bahan-bahan alami seperti ekstrak lemon, jeruk nipis, dan lidah buaya secara teratur.

BACA JUGA:Aturan Ganjil-Genap di DKI Jakarta Masih Belum Diberlakukan Hari Ini

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya