4 Bangunan Ikonik di Arab Saudi, Tradisi Menarik dalam Desain

4 Bangunan Ikonik di Arab Saudi, Tradisi Menarik dalam Desain

5 Bangunan Ikonik di Arab Saudi, Tradisi Menarik dalam Desain---Istimewa

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Arab Saudi adalah negara yang sangat menarik yang memiliki kekayaan budaya serta warisan arsitektur yang menakjubkan.

Mulai dari rumah-rumah batu dengan ukiran ukiran kayu yang indah di wilayah Aseer hingga arsitektur khas Najdi di Diriyah.

Desain bangunan-bangun tersebut diadaptasi dari iklim, geografi dan kearifan lokal Saudi.

Baik bangunan bersejarah maupun modern di Saudi adalah perpaduan antara keagungan masa lalu dan visi masa depan.

BACA JUGA:Berburu Promo Hoki Go Lucky di Ulang Tahun ke-8 Jenius!

Dari teknik dan kerajinan tradisional hingga Gedung pencakar langit yang modern serta mega proyek yang inovatif. Contohnya, Kingdom Centre Tower di Riyadh sebagai simbol modernitas yang berdampingan dengan At-Turaif di Diriyah yang merupakan situs Warisan Dunia UNESCO yang berusia 300 tahun.

1. Menara Pusat Kerajaan, Riyadh

Ibu kota Saudi menjadi rumah bagi 8 juta orang, adalah kota yang luas dan padat. Salah satu ikon kota ini adalah Menara Pusat Kerajaan atau Kingdom Centre Tower, menjadi salah satu gedung tertinggi di dunia.

Dengan desain yang ramping dan megah, menara ini menjulang setinggi 300 meter dengan dinding kaca khusus untuk menahan panas. ‘Lubang’ unik di menara ini memiliki Jembatan Langit kaca yang menawarkan pemandangan kota Riyadh yang tak tertandingi dari lantai 99.

BACA JUGA:Diskon Spektakuler Traveloka EPIC Sale untuk Liburan Keliling Dunia ala Ji Chang Wook

2. Ithra (Pusat Kebudayaan Dunia King Abdulaziz), Dhahran

Dinobatkan oleh majalah TIME pada tahun 2018 sebagai salah satu dari "100 Tempat Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi," Ithra yang terletak di Provisi Timur Saudi adalah sebuah bangunan memukau yang harus dikunjungi.

Didesain oleh firma arsitektur terkenal Snohetta dari Norwegia, Ithra berdiri sebagai simbol inovasi dengan lebih dari 350 kilometer tabung baja tahan karat yang menghiasi eksteriornya.

Di Dhahran, Ithra tampil mencolok dengan lebih dari 350 kilometer tabung baja tahan karat. Desainnya yang inovatif, menyerupai 'kerikil' besar, menyatukan elemen futuristik dengan teknik tradisional, menggambarkan komitmen Saudi terhadap inovasi dan pelestarian budaya.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya