Menopause: Mengenal Gejala Umum dari Perubahan Fisik hingga Kesehatan Mental

Sabtu 09-03-2024,17:18 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Menopause merupakan fase dimana secara alami dalam kehidupan seorang wanita yang akan ditandai dengan berakhirnya siklus pada mestruasi secara permanen.

Selama pada masa transisi ini, tubuh akan mengalami perubahan secara hormonal yang dimana akan dapat menyebabkan gejala pada fisik dan psikologis.

Penting bagi semua wanita untuk dapat mengenali gejala yang umum dari menopause agar dapat mengelola pada perubahan ini dengan lebih baik lagi.

BACA JUGA:Menurut Primbon Jawa 5 Tindakan Ini Sangat Dilarang untuk Wanita Hamil, Mitosnya Ngeri!

Gejala Fisik 

1. Hot flashes (Gejolak Panas)

Salah satu gejala yang sangat paling umum dari menopause adalah hot flatshes.

Yang dimana merupakan adanya sensasi tiba-tiba panas yang sedang melanda di tubuh, sering disertai dengan adanya keringat secara berlebihan dan detak jantung yang sangat cepat.

BACA JUGA:Rajin Sholat Tarawih, Allah Janjikan 5 Kebaikan Ini Dalam Hidup Kamu: NYATA!

2. Gangguan Tidur

Banyak nya wanita yang akan mengalami kesulitan pada tidur selama masa menopause, baik karena hot flashes yang dapat mengganggu tidur maupun karena adnaya perubahan pada hormon yang dimana dapat memengaruhi pada pola tidur.

3. Atrofi Vagina

Pada penurunan kadar estrogen selama masa menopause dapat menyebabkan adanya penipisan dan kekeringan pada dinding vagina, yang dimana dapat menyebabkan sensasi nyeri saat sedang berhubungan seksual.

BACA JUGA:Minum Teh Boleh Asal Jangan Sering-sering, Bisa Timbulkan 5 Bahaya Ini!

Gejala Psikologis

Kategori :

Terpopuler