Punya Penyakit Maag? Ini Sederet Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari

Jumat 15-03-2024,19:31 WIB
Reporter : Restu Herlambang
Editor : Priya Satrio

Perlu diperhatikan juga dengan makanan dan minuman yang berlemak tinggi, sebaiknya dihindari ketika kondisinya sedang terasa sakit karena akan menyebabkan katup LES longgar yang akan memudahkan asam lambung naik.

Nah, itulah beberapa makanan atau minuman yang perlu kamu hindari jika kondisi asam lambung sedang sakit agar tidak semakin memperparah kondisi tersebut.

Lalu, apa saja yang perlu dikonsumsi? inilah beberapa makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi jika sedang sakit maag.

BACA JUGA:Resep Puding Tahan Lama, Cocok Disimpan di Kulkas untuk Menu Bukaan

1. Sayur-sayuran 

Sayuran terutama jenis kubis sangat di rekomendasi, karena kubis mempunyai kandungan yang mampu memperbaiki kondisi lambung.

Kemudian bisa juga sayur-sayuran hijau lainnya seperti brokoli, sawi, bayam, dan masih banyak lagi. 

Kenapa harus mengonsumsi sayur? karena hijau daun atau yang sering disebut klorofil itu berfungsi sangat baik untuk sistem pencernaan kita.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Makanan Sehat Selama Bulan Suci Ramadhan

2. Buah-buahan 

Buah-buahan yang baik untuk penderita asam lambung seperti apel, pisang, alpukat, kelapa, melon, pepaya, dan pear yang bisa dikonsumsi saat sedang meradang.

Buah-buahan tersebut tidak memiliki rasa asam yang tidak bagus untuk penderita asam lambung maupun maag apalagi saat sedang akut.

Buah yang aman adalah buah dengan pH tinggi atau yang tidak memiliki rasa asam sehingga tidak akan memicu peningkatan pada produksi asam lambung.

BACA JUGA:4 Tanda Ibu Hamil Wajib Membatalkan Puasanya, Jangan Dipaksa

3. Jahe

Jahe mempunyai sifat anti inflamasi yang berfungsi untuk memperbaiki peradangan yang terjadi pada lambung.

Kategori :

Terpopuler