Cegah Efek Samping Obat dengan Menghindari Konsumsi Makanan Ini Secara Bersamaan!

Cegah Efek Samping Obat dengan Menghindari Konsumsi Makanan Ini Secara Bersamaan!

Foto: Ilustrasi by Pexels-Polina Tankilevitch-pexels

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Hai teman-teman! Kali ini kita akan membahas tentang makanan yang sebaiknya dihindari saat kita sedang minum obat.

Ya, kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi beberapa makanan dapat berinteraksi dengan obat yang kita konsumsi dan mengurangi efektivitasnya atau bahkan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Jadi, mari kita cari tahu lebih lanjut agar kita dapat menjaga kesehatan kita dengan baik.

BACA JUGA:Manfaat Dahsyat Teh Hijau untuk Meningkatkan Kualitas Hidupmu, Yuk Konsumsi Mulai Sekarang!

1. Buah Jeruk

Pertama-tama, mari kita bicarakan tentang jeruk. Siapa yang tidak suka jeruk? Buah segar ini memang sangat lezat dan kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh kita.

Namun, saat kita sedang minum obat, terutama obat-obatan tertentu seperti antibiotik, jeruk dapat mengganggu penyerapan obat oleh tubuh. Kandungan vitamin C, serat dan potasium yang ada pada jeruk dapat mengganggu penyerapan obat yang kita konsumsi.

Akibatnya, obat mungkin tidak bekerja sebaik yang seharusnya. Jadi, sebaiknya hindari jeruk saat minum obat.

2. Buah Anggur

Selanjutnya, ada juga buah anggur yang harus kita perhatikan. Buah anggur yang manis dan segar ini ternyata memiliki sifat antikoagulan alami. 

BACA JUGA:Tubuh Mulai Bungkuk? Coba Lakukan 4 Trik Ampuh Ini untuk Menyembuhkannya

Artinya, buah ini dapat membuat darah kita menjadi lebih encer dan mempengaruhi pembekuan darah. Oleh karena itu, apabila Anda tengah mengonsumsi obat pengencer darah, maka perlu diingat hindari memakan buah anggur.

3. Buah Nanas

Tidak hanya itu, buah nanas juga menjadi salah satu makanan yang harus dihindari ketika kita sedang mengonsumsi obat. Meskipun rasanya manis dan segar, nanas mengandung zat yang disebut bromelain.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya