Bebas Kilap, Simak 5 Cara Ampuh Atasi Minyak di Wajah

Bebas Kilap, Simak 5 Cara Ampuh Atasi Minyak di Wajah

Bebas Kilap, Simak 5 Cara Ampuh Atasi Minyak di Wajah--Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Minyak memang secara alamiah diproduksi oleh tubuh kita untuk menjaga kelembapannya. Namun, produksi minyak yang berlebih tak jarang menimbulkan banyak masalah, seperti menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan munculnya jerawat.

Kulit yang memproduksi minyak berlebih biasanya ditandai dengan wajah yang tampak berkilau dan kusam, pori-pori membesar, dan timbul komedo atau jerawat yang dapat mengganggu penampilan.

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa menerapkan beberapa cara menghilangkan minyak di wajah dengan aman dan tepat, baik yang dilakukan secara mandiri maupun dengan bantuan dokter.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Kandungan Skincare yang Aman untuk Kulit Kering

Agar tidak mengganggu penampilan, melansir dari laman Alodokter berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan minyak di wajah yang bisa Anda lakukan: 

1. Menggunakan kertas minyak (blotting paper)

Cara menghilangkan minyak di wajah yang paling mudah dan instan adalah dengan menggunakan kertas minyak (blotting paper). Cara ini sangat sederhana karena Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja.

Anda hanya perlu menekan blotting paper dengan lembut di area wajah yang berminyak, seperti dahi, hidung, dan dagu (T-zone). Lalu, biarkan blotting paper menempel pada kulit selama beberapa detik supaya minyak terserap.

2. Pembersih wajah

Membersihkan wajah tiap pagi dan malam adalah cara terbaik untuk merawat kulit wajah berminyak. Pemilik kulit wajah yang berminyak disarankan untuk menggunakan sabun untuk kulit berminyak atau pembersih wajah yang lebih lembut, bukan sabun yang komposisinya keras.

Sabun dengan kandungan yang lebih keras ini justru berisiko meningkatkan produksi minyak. Selain itu, sabun biasa tidak memiliki pH yang seimbang dan cenderung mengandung alkali dalam kadar tinggi. Hal ini bisa menyebabkan kulit lebih berisiko terpapar bakteri.

BACA JUGA:Stop Pencet Jerawat! Lakukan 5 Perawatan Ini untuk Mengatasinya

Jika pembersih ini tetap tidak dapat mengurangi kelebihan produksi minyak di wajah, Anda bisa mencoba menggunakan pembersih yang mengandung benzoyl peroxide,  asam glikolat, atau asam salisilat.

Gunakan toner atau penyegar bebas alkohol setelah menggunakan pembersih wajah dan sebelum mengoleskan pelembap. Teteskan pada kapas khusus kosmetik dan usapkan dengan lembut pada wajah.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya