Jangan Asal! Catat 6 Adab Berbuka Puasa Sesuai Ajaran Islam

Jangan Asal! Catat 6 Adab Berbuka Puasa Sesuai Ajaran Islam

adab buka puasa---pinterest

Dalam hadits Abu Daud, bahwasanya Bilal bin Rabah berkata, "Kami sedang dalam perjalanan bersama Rasulullah SAW, kemudian terlihatlah matahari terbenam namun hari masih terang."

Lalu Rasulullah bersabda: "Wahai Bilal, segeralah kamu persiapkan makanan untuk berbuka puasa." Bilal pun mejawab, "Tapi Rasulullah, ini masih terang."

Rasulullah berkata, "Sediakanlah." maka kemudian mereka menyiapkan hidangan berbuka puasa, lalu Rasulullah pun berbuka puasa.

Ini menunjukkan bahwa, sebatas matahari telah terbenam segera kita untuk berbuka puasa, saat terdengar adzan magrib segeralah untuk berbuka puasa.

BACA JUGA:Mulan Jameela Izinkan Putrinya, Tiarani Savitri Nikah di Usia 20 Tahun: 'Dia Malah Jerit'

2. Banyak Berdoa Ketika Berbuka Puasa dan Saat Sedang Berpuasa

Rasulullah bersabda: "Orang yang berpuasa ketika ia berbuka, ada doa yang tidak ditolak oleh Allah SWT."

Saat kita berpuasa dan samapi kita berbuka puasa itu adalah saat-saat yang mustajab, ada tiga orang yang doanya mustajab.

Diantaranya adalah doa orang yang sedang berpuasa dan ketika berbuka puasa.

BACA JUGA:Mulan Jameela Izinkan Putrinya, Tiarani Savitri Nikah di Usia 20 Tahun: 'Dia Malah Jerit'

3. Membaca Basmallah Ketika Mulai Berbuka

Rasulullah SAW bersabda: "Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala (membaca bismillah). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: 'Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu'." 

Menyebutkan nama Allah SWT dengan membaca basmallah sebelum akan merupakan sunnah yang senantiasa Rasulullah SAW lakukan.

Diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah berkata pada Umar bin Abi Salamah: "Wahai anak! bacalah basmallah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dengan mengambil yang terdekat darimu."

BACA JUGA:Cuaca Jabodetabek Menurut BMKG Hari Ini, Jumat 15 Maret 2024: Hujan Lagi?

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya