Angka Literasi dan Numerasi di Kabupaten Sumedang Meningkat, Rapor Pendidikan Jadi Buktinya

Angka Literasi dan Numerasi di Kabupaten Sumedang Meningkat, Rapor Pendidikan Jadi Buktinya

literasi---Pixabay

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Dinas Pendidikan sudah menerima Rapor Pendidikan 2023 yang di terbitkan Kemendikbudristek RI.

Dalam rapor tersebut, bisa dilihat jika adanya peningkatan terkait pendidikan yang dialami Kabupaten Sumedang.

Diketahui bahwa angka literasi (kemampuan baca tulis) dan numerasi (kemampuan menghitung) di kawasan Kabupaten Sumedang melonjak.

BACA JUGA:Seberapa Parah Gempa Megathrust? Inilah Efek Terburuk yang Berpotensi Terjadi

Disebutkan penilaian literasi tingkat SD meningkat dari 70,75 di tahun 2023 lalu menjadi 84,60 di tahun 2024 dan numerasi dari angka 53,61 menjadi 79,54.

Pada tingkat SMP juga memperlihatkan kenaikan angka literasi pada tahun 2023 dari 70,10 menjadi 80,73 pada tahun 2024, sementara angka numerasi naik dari 48,25 menjadi 76,26.

Dengan nilai itu menunjukkan bahwa literasi dan numerasi siswa jenjang SD dan SMP sudah mencapai kategori baik," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Dian Sukmara pada hari Rabu, 20 Maret 2024.

Menurutnya, ini adalah hasil positif yang merupakan pencapaian dari seluruh partisipan yang melekat.

BACA JUGA:Perjalanan Panjang Prabowo Subianto Demi Menggapai Asa Menjadi Presiden Indonesia

"Mendorong kemampuan dan minat baca ini bukan hanya tugasnya Dinas Pendidikan atau Dinas Perpustakaan dan Arsip saja, tetapi seluruh unsur dilibatkan agar literasi dan numerasi lebih baik lagi," ucap Dian Sukmara di Sumedang.

Sebab itulah Dian akan berupaya untuk terus menjaga kolaborasi semua unsur untuk berupaya menaikan nilai Rapor Pendidikan dan menggapai Kategori yang Baik.

"Harapan ke depannya dengan meningkatnya capaian ini, literasi dan numerasi di Kabupaten Sumedang akan lebih meningkatkan kualitas pendidikan," katanya.

Sementara itu, Kepala Disdik, Penjabat Bupati Sumedang, Herman Suryatman mengungkapkan bahwa kondisi meningkatnya angka literasi dan numerasi jenjang SD dan SMP di Sumedang merupakan dampak dari kerja sama dan kerja keras yang dilakukan semua pihak.

BACA JUGA:Awas! Posisi Tidur Ini Bisa Mendatangkan 'Malapetaka' Buat Kesehatan Anda, Jangan Lakukan

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Sumber: