Lebaran Jatuh Pada Tanggal 10 April 2024? Begini Kata Kemenag

Lebaran Jatuh Pada Tanggal 10 April 2024? Begini Kata Kemenag

Sidang Isbat Akan Tentukan Lebaran 2024---Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki mengonfirmasi bahwa Sidang Isbat tetap yang akan menentukan 1 Syawal atau Hari Raya Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah.

Rencananya sidang Isbat akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2024.

"Sidang Isbat tetap akan berlangsung pada tanggal 9 April 2024," kata Saiful setelah menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 pada hari Senin, 25 Maret 2024.

Menurutnya, posisi hilal pada saat itu telah memenuhi kriteria MABIMS (Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yaitu tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat.

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Stress Saat Mudik Lebaran

Dengan demikian, diprediksi Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 10 April.

"Dengan kondisi seperti itu, Insya Allah Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan secara bersama-sama oleh seluruh umat Muslim di Indonesia, sesuai dengan yang disampaikan oleh Bapak Menko (PMK)," kata Saiful.

"Namun, kita akan melakukan konfirmasi kembali pada tanggal 9 April dalam Sidang Isbat di Jakarta," tambah Saiful.

Diketahui bahwa apabila Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 10 April, maka lebaran yang dirayakan oleh pemerintah dan Muhammadiyah akan bersamaan.

BACA JUGA:Ayu Dewi 'Sindir Balik' Tetangga yang Kritik Proyek Pembangunan Rumahnya

Sebelumnya, Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Idul Fitri 1445 H jatuh pada tanggal 10 April 2024.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir, juga telah menyatakan bahwa kemungkinan besar pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 2024 atau 1 Syawal 1445 Hijriah akan serempak antara pemerintah dan Muhammadiyah.

"Dari hasil kajian dan pengumpulan informasi, ternyata penentuan hari raya Idul Fitri sama untuk pemerintah dan Muhammadiyah. Jadi kemungkinan adanya perbedaan tersebut sangat tipis," ungkap Haedar beberapa waktu yang lalu.

Berikut adalah tanggalan jadwal libur panjang lebaran Idul Fitri 2024:

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya