Waspada! Kasus DBD Meningkat, Ini Cara Penanganan dan Pencegahannya

Waspada! Kasus DBD Meningkat, Ini Cara Penanganan dan Pencegahannya

10 Tips Ampuh Untuk Membasmi Jentik Nyamuk Saat Ditinggal Mudik Lebaran 2024-foto-Istimewa

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Di tahun 2024 ini kasus DBD meningkat sebanyak 3 kali lipat dibandingkan dengan tahun 2023.

Sampai akhir bulan April ini dikabarkan sudah ada 62.000 kasus DBD di RI, sehingga dengan banyaknya jumlah tersebut maka kita harus mewaspadai kondisi ini.

Berikut ini kami berikan informasi mengenai cara penanganan dan pencegahan dari DBD.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Aquarius: Jelajahi Peluang Baru Hari Ini, 28 April 2024

DBD atau Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang terjadi karena gigitan nyamuk yang biasanya terjadi di daerah tropis dan substropis dunia.

Ciri-ciri nyamuk yang biasa disebut Aedes Aegypti ini adalah ukurannya kecil dengan tubuh berwarna hitam pekat, ada dua garis vertikal putih di punggung dan garis-garis putih horizontal di kakinya.


Cara Cepat Atasi Demam -asmedvednikov-Freepik

Nyamuk tersebut biasanya paling aktif saat pagi hingga sore hari dan sering ditemukan di rumah yang gelap dan sejuk.

DBD bisa dialami oleh siapa saja dalam rentang usia berapapun, terutama pada orang yang memiliki riwayat DBD sebelumnya, namun usia di bawah 15 tahun memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena DBD.

BACA JUGA:Kiper Apik! Marco Sportiello Gagalkan Kemenangan Juventus lawan Milan di Kandang

Gejala yang biasa dirasakan saat terjangkit virus dengue adalah demam yang tinggi hingga mencapai 39 derajat celcius yang biasanya akan berlangsung selama 2 sampai 7 hari secara terus-menerus dan akan mengalami penurunan secara cepat.

Gejala lainnya adalah nyeri di kepala, mengigil, lemas, nyeri di belakang mata, otot, dan tulang, ada ruam di kulit yang berwarna kemerahan, sulit menelan makanan dan minuman, mual, dan muntah.

Biasanya saat fase kritis terjadi, suhu tubuh akan menurun dan tubuh terasa dingin, meskipun si penderita merasa seperti sudah sembuh, tapi sebenarnya masa-masa ini perlu diwaspadai karena bisa terjadi sindrom shock dengue yang bisa mengancam nyawa.

Segeralah memeriksakan diri dan keluarga jika dirasa gejala tersebut muncul ya.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Sumber: