Tips Mudah Membedakan Cacar Air dan Alergi Meski Muncul Gejala Ruam

Tips Mudah Membedakan Cacar Air dan Alergi Meski Muncul Gejala Ruam

Tips Mudah Membedakan Cacar Air dan Alergi Meski Muncul Gejala Ruam-@halodoc-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Pada alergi dan cacar air telah memiliki gejala ruam yang hampir sama yang membuat orang terkadang merasa keliru.

Tapi pada gejala ruam dari kedua ini jangan sampai terkecoh.

Walaupun pada keduanya telah sama-sama memiliki ruam, namun pada kedua penyakit ini telah dapat dibedakan dari gejala yang mungkin saja muncul.

BACA JUGA:Promo Crazy Deal TheBestThursday dari KFC: Hanya Rp 60 Ribu untuk 5 Potong Ayam!

Apa perbedaan dari kedua penyakit itu yaitu cacar dan alergi?.

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi dan imunologi dr Sukamto Koesno, SpPD-KAI telah menuturkan bawa pada cacar air umumnya disebabkan oleh infeksi virus.

Oleh sebab itu, pada pasien yang biasanya akan dapat mengalami pada gejala awal seperti demam hingga dimana pada akhirnya akan muncul ruam di sekitar tubuh.

"Kalau cacar air karena dia infeksi virus, dia panas dulu, biasanya tinggi lalu kemudian setelahnya akan muncul ruam-ruam awalnya kemerahan lalu terjadi munculnya bintik yang berisi air, lalu kemudian pecah," kata dr Sukamto.

BACA JUGA:Viral! Aksi Driver Ojek Online yang Sigap Pinjamkan Helm ke Penumpang Lain saat Ada Polisi

Sedangkan pada penyakit alergi, pada ruam yang telah muncul biasanya akan disebabkan oleh pemicu dari alergi yang telah masuk ke dalam tubuh.

Pada ruam yang telah diakibatkan dari alergi akan dapat menyebabkan rasa gatal dan banyak muncul pada di area-ares sekitar seperti lipatan tangan dan pada bagian belakang lutut.

"Sementara kalau alergi akan muncul lesi, atau kelainan di kulit biasanya ada kemerahan, terus batasnya tidak jelas, biasanya gatal pada tempat-tempat tertentu," jelasnya.

Selain itu juga, pada gejala lain yang akan ditimbulkan dari alergi juga dapat menyebabkan pada pembengkakan pada beberapa di bagian tubuh.

BACA JUGA:Promo Spesial Ultramen Selama Bulan Mei 2024: Makan Ramen Berdua dan Bertiga Cuma Rp 80 Ribuan Aja!

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Sumber: