Isi Perjanjian Gencatan Senjata yang Didukung Hamas, Tapi Tidak dengan Israel

Isi Perjanjian Gencatan Senjata yang Didukung Hamas, Tapi Tidak dengan Israel

Isi Perjanjian Gencatan Senjata yang Di Dukung Hamas Namun Tidak Dengan Israel-https://www.reuters.com-Ramadhan Abed

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Kelompok Islam Palestina Hamas mengatakan pada Senin bahwa mereka telah menyetujui kesepakatan tiga tahap untuk gencatan senjata dan pertukaran sandera dengan tahanan , meskipun seorang pejabat Israel mengatakan kesepakatan itu tidak dapat diterima oleh Israel karena persyaratannya " melunak".

Amerika Serikat, yang bersama Qatar dan Mesir memainkan peran mediasi dalam perundingan tersebut, mengatakan pihaknya sedang mempelajari tanggapan Hamas dan akan mendiskusikannya dengan sekutu Timur Tengah.

Berdasarkan rincian yang diumumkan sejauh ini oleh para pejabat Hamas, salinan proposal tersebut dan seorang pejabat yang memberikan penjelasan mengenai perundingan tersebut, kesepakatan yang menurut kelompok Palestina telah disetujui mencakup hal-hal berikut:

BACA JUGA:Jangan Biarkan Rasa Takut dan Kegagalan Membatasi Potensimu, Ikuti 5 Tips Ampuh Ini!

TAHAP SATU

- Periode gencatan senjata 42 hari

- Hamas membebaskan 33 sandera Israel, membuka tab baru, hidup atau mati, sebagai imbalan bagi Israel untuk melepaskan 30 anak dan wanita untuk setiap pembebasan sandera Israel, berdasarkan daftar yang diberikan oleh Hamas berdasarkan tanggal penahanan paling awal.

- Mulai hari pertama gencatan senjata, masuknya bantuan kemanusiaan, bahan bantuan, dan bahan bakar dalam jumlah yang intensif dan cukup (600 truk per hari, termasuk 50 truk bahan bakar, 300 di antaranya berada di utara), termasuk bahan bakar yang diperlukan untuk pengoperasian pembangkit listrik, perdagangan, dan peralatan yang dibutuhkan untuk pemindahan puing-puing, rehabilitasi dan pengoperasian rumah sakit, pusat kesehatan dan toko roti di seluruh wilayah Jalur Gaza, dan kelanjutannya di semua tahap perjanjian.

- Hamas akan membebaskan tiga sandera Israel pada hari ketiga perjanjian, dan kemudian membebaskan tiga sandera lagi setiap tujuh hari, dengan memprioritaskan perempuan jika memungkinkan, termasuk warga sipil dan wajib militer.

BACA JUGA:Harga Emas Antam dan UBS Naik! Cek Rinciannya di Pegadaian Hari Ini, Selasa 7 Mei 2024

- Pada minggu keenam, Hamas akan membebaskan seluruh sandera sipil yang tersisa yang tercakup dalam fase ini.

Sebagai imbalannya, Israel akan membebaskan tahanan Palestina di penjara-penjara Israel sesuai jumlah yang disepakati, sesuai dengan daftar yang akan diberikan oleh Hamas.

– Israel menarik sebagian pasukannya dari Gaza dan mengizinkan pergerakan bebas warga Palestina dari selatan ke utara Gaza.

- Penghentian penerbangan militer di Jalur Gaza akan dilakukan selama 10 jam per hari dan 12 jam pada hari pembebasan sandera dan tahanan.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Sumber: