Biskop Metroploe, Gedung Sinema Tertua di Jakarta yang Sangat Penuh Sejarah

Biskop Metroploe, Gedung Sinema Tertua di Jakarta yang Sangat Penuh Sejarah

Bioskop Metropole XXI-Cinema XXI-21cineplex.com

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Bioskop Metropole sekarang dikenal sebagai Metropole XXI merupakan bioskop tertua di JAKARTA

Berusia lebih dari lima puluh tahun, bangunan ini ditetapkan sebagai Cagar Budaya Kelas A berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta no. 475 Tahun 1993. 

Lokasinya sangat strategis, terletak di sudut Jalan Pegangsaan dan Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, di persimpangan yang menghubungkan Bundaran Hotel Indonesia, Cikini, Matraman, dan Manggarai.

BACA JUGA:Ini Alasan Kasus Perselingkuhan Tetap Bisa Terjadi dalam Hubungan yang Bahagia

Bioskop Metropole dibangun mulai 11 Agustus 1949 dan selesai pada tahun 1951. 

Peresmiannya ditandai dengan pemutaran film "Annie Get Your Gun" (1950) karya George Sidney. 

Beberapa tamu ternama yang hadir antara lain Rahmi Rachim, istri Wakil Presiden Mohammad Hatta; Sultan Hamengkubuwono IX; dan Haji Agus Salim.

Banyak orang mengira bahwa gedung Bioskop Metropole dirancang oleh Johannes Martinus (Han) Groenewegen, seorang arsitek Belanda. 

BACA JUGA:Polisi Punya Bukti Kuat Tak Salah Tangkap Pegi: Sudah Dicek Kok STNKnya!

Namun, menurut catatan sejarah, gedung ini sebenarnya dirancang oleh Liauw Goan Seng, yang pindah ke Belanda pada tahun 1958 saat terjadi naturalisasi. 

Liauw Goan Seng mendesain Metropole dengan gaya arsitektur Art Deco, yang merupakan bagian dari perkembangan arsitektur Art Nouveau. 

Tidak seperti Art Nouveau yang penuh dengan ornamen dekoratif seperti kaca mozaik, gambar, dan ukiran, Art Deco lebih sederhana dan minimalis. 

Hingga kini, Metropole merupakan satu-satunya bangunan besar bergaya arsitektur Art Deco yang masih bertahan di ibu kota.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya