Tahun Ini UKT Batal Naik, Tapi...

Tahun Ini UKT Batal Naik, Tapi...

Tahun Ini UKT Batal Naik-@folkative-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Setelah dihebohkan dengan kabar naiknya UKT beberapa waktu ini, akhirnya diputuskan bahwa UKT batal naik untuk tahun ini.

Kenaikan UKT yang membuat geger banyak kalangan ini pun menuai beragam kritik, namun, kini para mahasiswa serta calon mahasiswa baru bisa sedikit bernapas lega.

Namun, masih ada kemungkinan UKT akan kenaikan untuk tahun depan setelah melakukan berbagai pengkajian agar tidak terlampau tinggi.

BACA JUGA:Ramalan Nasib dari 6 Shio 28 Mei 2024:  Tikus Akan Beruntung, Kuda Hati-hati! 

Beberapa waktu ini masyarakat digemparkan dengan kenaikan UKT di beberapa PTN yang dinilai terlampau tinggi hingga menimbulkan berbagai protes dan kritik.

Sebab kenaikan UKT di beberapa universitas dilakukan bersamaan dengan menaikkan uang pangkal atau Iuran Pengembangan Institusi (IPI).

Kenaikan UKT yang terlampau tinggi itu lantas membuat banyak mahasiswa dan juga calon mahasiswa baru memilih mundur karena tidak memiliki biaya untuk membayar UKT tersebut.

Bahkan banyak mahasiswa dari berbagai universitas yang menyampaikan rasa keberatan mereka akan naiknya UKT secara tiba-tiba dan terlampau tinggi pada pihak universitas.

BACA JUGA:Benarkah Madu Bisa Menyuburkan Kandungan? Simak Faktanya

Akhirnya kini para mahasiswa dan calon mahasiswa baru bisa sedikit tenang, karena dikabarkan UKT batal naik di tahun ini.

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) telah membatalkan adanya kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Keputusan pembatalan kenaikan UKT ini dikeluarkan setelah Nadiem Makarim dipanggil oleh Presiden Jokowi ke Istana Negara di Jakarta.

"Kami Kemendikbud Ristek telah mengambil keputusan untuk membatalkan kenaikan UKT di tahun ini," ujar Nadiem Makarim di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada hari Senin, 27 mei 2024.

BACA JUGA:Banyak Bonus Melimpah! Ini Kode Redeem Mobile Legends Selasa, 28 Mei 2024

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya