Punya Segudang Manfaat, Ini Dia Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Punya Segudang Manfaat, Ini Dia Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan---Istimewa

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Minyak zaitun memiliki berbagai manfaat yang dapat dirasakan dalam berbagai aspek kehidupan. 

Mulai dari perawatan tubuh, menjaga imunitas, hingga mencegah penyakit-penyakit tertentu seperti serangan jantung atau stroke.

Minyak ini kaya akan monounsaturated fatty acids, atau yang dikenal sebagai lemak sehat, dan memiliki sifat antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh. 

BACA JUGA:10 Jenis Sayuran Terbaik yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet

Minyak zaitun, atau olive oil, adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. 

Berdasarkan proses ekstraksi dan jumlah kandungan asam oleat, minyak zaitun terbagi menjadi tiga varian: extra virgin, virgin, dan pure.

Extra virgin olive oil adalah bentuk minyak zaitun yang hanya mengalami sedikit atau bahkan tidak mengalami pemrosesan sama sekali, sehingga memiliki kandungan yang paling murni dan kaya akan nutrisi. 

Jenis ini adalah yang paling sehat karena dibuat dengan metode alami dan standar tinggi, menjaga kemurnian baik dari segi rasa maupun aroma.

BACA JUGA:5 Tips Outfit Terlihat Mahal Meski Menggunakan Pakaian Murah, Ikuti Yuk!

Extra virgin olive oil sangat kaya akan antioksidan fenolik, yang merupakan alasan utama mengapa minyak ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Dalam 1 sendok makan (sekitar 15 ml) minyak zaitun, terdapat 130 kalori dan berbagai nutrisi seperti 15 gram lemak, 2 miligram kalsium, 1 miligram natrium, 1 gram vitamin B3, dan 0,5 miligram zat besi.

Meskipun mengandung banyak lemak, minyak zaitun mengandung jenis lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, dan omega-3. 

Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid dan polifenol.

BACA JUGA:Fix! Apiary Academy Umumkan Penyelenggaraan Future of Work Summit 2024, Siap Hadapi Revolusi Pembangunan SDM

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya