Cek! 5 Olahraga Ini Terbukti Ampuh Turunkan Resiko Penyakit Jantung

Cek! 5 Olahraga Ini Terbukti Ampuh Turunkan Resiko Penyakit Jantung

Cek! 5 Olahraga Ini Terbukti Ampuh Turunkan Resiko Penyakit Jantung-jcomp-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Pentingnya mengatur jadwal rutin olahraga secara teratur dapat sangat membantu menjaga kesehatan jantung.

Aktivitas fisik bisa menjadi kunci untuk menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga berat badan, serta mengurangi risiko kematian terkait kardiovaskular.

Menurut laporan dari Telegraph, ada lima jenis olahraga terbaik yang dapat Anda lakukan untuk merawat kesehatan jantung:

BACA JUGA:Mudah Lelah Ketika Berolahraga? Begini Cara Menambah Stamina Tubuh

1. Berjalan Cepat

Berjalan cepat adalah latihan yang sederhana tetapi efektif, terutama jika dilakukan dengan cepat atau di medan yang bervariasi.

Tujuan berjalan cepat ini adalah mencapai sekitar 65-70% dari detak jantung maksimum Anda selama minimal 40 menit, tiga kali seminggu. Hal ini akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan kekuatan jantung.

2. Berlari

Berlari merupakan olahraga yang lebih menantang daripada berjalan, namun cukup efektif untuk sesi latihan yang lebih pendek. Cobalah untuk berlari selama 20-40 menit, dua kali seminggu.

Anda juga bisa mempertimbangkan latihan interval dengan berlari cepat selama 30-90 detik, diikuti pemulihan selama 90 detik. Ini akan membantu meningkatkan kekuatan dan stamina jantung Anda secara signifikan.

BACA JUGA:10 Tips Diet dengan Cara Olahraga Berjalan Kaki Santai

3. Berenang

Berenang adalah olahraga seluruh tubuh yang sangat efektif dan bisa dilakukan dengan intensitas konstan selama 30-40 menit untuk menjaga detak jantung tetap stabil.

Jika Anda merasa masih kurang terampil dalam berenang, Anda bisa mencoba sesi latihan interval dengan berenang cepat selama 30-90 detik, diikuti dengan pemulihan selama 90 detik.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya