Kesehatan Jantung Bisa Terancam Jika Konsumsi Minuman Ini Secara Berlebihan

Kesehatan Jantung Bisa Terancam Jika Konsumsi Minuman Ini Secara Berlebihan

Kesehatan Jantung Bisa Terancam Jika Konsumsi Minuman Berenergi---Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Banyak orang meyakini bahwa minuman berenergi dapat meningkatkan kinerja fisik, meskipun pada kenyataannya konsumsi berlebihan dari minuman berenergi ini dapat memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung.

Sebagaimana dilaporkan oleh laman Healthline, dalam beberapa tahun terakhir, kekhawatiran atas jumlah konsumsi minuman berenergi yang berlebihan telah meningkat, karena berbagai komplikasi yang dapat timbul akibatnya.

Kandungan gula dan kafein yang tinggi dalam minuman berenergi menjadi penyebab utama bahaya dari konsumsi berlebihan.

Menurut para ahli, asupan kafein harian yang aman adalah maksimal 100 mg untuk remaja dan 400 mg untuk orang dewasa.

BACA JUGA:Yuk Kita Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini, Begini Caranya

Akan tetapi ada beberapa minuman berenergi memiliki kandungan kafein yang bahkan melebihi 500 mg.

Selain kafein, taurin dan ginseng yang juga terdapat dalam minuman berenergi memiliki efek stimulasi yang dapat mengganggu kesehatan, terutama jika dikonsumsi bersamaan dengan kafein.

Kasus serangan jantung akibat konsumsi minuman berenergi seringkali dipicu oleh kombinasi dengan alkohol atau stimulan lainnya, serta dalam kasus individu yang memiliki riwayat masalah jantung.

Meskipun hubungan antara konsumsi minuman berenergi berlebihan dan gagal jantung telah terbukti, penelitian masih terus melihat keamanan konsumsi minuman berenergi, terutama dalam hal efek gabungan dengan zat lain.

BACA JUGA:Cek! 5 Olahraga Ini Terbukti Ampuh Turunkan Resiko Penyakit Jantung

Dalam konteks masalah jantung, komplikasi yang sering muncul akibat konsumsi minuman berenergi adalah peningkatan detak jantung, palpitasi, serta kesulitan bernapas.

Selain masalah pada jantung, minuman berenergi juga diketahui dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah hingga hipertensi, serta kerusakan pada pembuluh darah.

Konsumsi gula yang tinggi juga bisa menyebabkan komplikasi lain pada tubuh, termasuk masalah serius seperti diabetes.

Dengan demikian, penting bagi kita semua untuk lebih memperhatikan konsumsi minuman berenergi agar tidak melebihi batas yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya