Waspada! 6 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Mengonsumsi Obat

Waspada! 6 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Mengonsumsi Obat

Waspada! 6 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Mengonsumsi Obat-freepik-freepik

Buah vitamin C juga menjadi salah satu Buah yang perlu dihindari ketika mengkonsumsi obat setelah atau sesudahnya. Jenis Buah yang kaya vitamin C adalah apel, anggur, nanas.

Buah dengan kandungan yang kaya dengan vitamin C dapat mengurangi efektifitas obat. Selain itu, buah vitamin C juga dapat meningkatkan tekanan darah, hal ini sangat berpengaruh kepada pasien yang memiliki riwayat hipertensi.

BACA JUGA:Intip 7 Manfaat Buah Cermai Bagi Kesehatan, Rasanya Asam Tapi Banyak Khasiatnya

Tak hanya itu, buah-buahan yang mengandung vitamin C dapat menghambat penyerapan obat. Sehingga efek dari mengkonsumsi obat akan berpengaruh kepada tubuh.

4. Jeruk

Buah selanjutnya yang tidak boleh dikonsumsi setelah atau sebelum mengkonsumsi obat adalah jeruk. Bagi seseorang yang memiliki riwayat hipertensi, hindarilah buah jeruk.

Jeruk yang diminum dengan obat dalam jarak waktu yang sebentar, maka akan membuat kerja otot terganggu. Selain itu, memiliki sifat antagonis dengan obat hipertensi, merasa ngantuk dan menyebabkan halusinasi.

5. Pisang

Buah kelima yang tidak boleh dikonsumsi setelah atau sebelum minum obat adalah pisang. Pisang mengandung tinggi kalium yang dapat menyebabkan detak jantung tidak beraturan.

BACA JUGA:dr Zaidul Akbar Berikan Informasi Bahwa Ada Buah Yang Bisa Bikin Lambung Sehat, Ternyata Ini Lho!

Buah pisang tidak dianjurkan bagi seseorang yang memiliki riwayat hipertensi dan bagi orang yang minum obat golongan ACE inhibitor (kaptoril, lisinopril, enalapril, ramipril).

6. Jeruk Bali

Buah selanjutnya yang tidak boleh dikonsumsi setelah atau sebelum mengkonsumsi obat adalah jeruk bali. Jeruk bali akan memberikan efek apabila dimakan setelah minum obat, terutama obat antikolesterol golongan statin.

Karena dapat mengganggu enzim yang mengurai obat di saluran cerna. Ketika enzim tersebut diganggu oleh jeruk bali, maka obat akan bertahan lama di dalam darah dan dapat meningkatkan resiko efek samping obat.

Jadi, teman-teman, jangan lupa untuk selalu memperhatikan jenis buah yang kita konsumsi sebelum dan setelah minum obat. Kesehatan tubuh kita sangat berharga, jadi jangan sampai terganggu oleh interaksi yang tidak baik antara buah dan obat.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya