6 Ide Sensory Play Anak Usia 1 Tahun, Cocob Buat Menstimulasi Indera Si Kecil

6 Ide Sensory Play Anak Usia 1 Tahun, Cocob Buat Menstimulasi Indera Si Kecil

Ide Sensory Play Anak Usia 1 Tahun Ini Untuk Menstimulasi Inderany-@percik-Instagram

3. Bermain Dengan Slime

Aktivitas bermain dengan slime enawarkan berbagai manfaat perkembangan, salah satunya adalah membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halusnya melalui aktivitas meremas dan membentuk slime.

Selain itu, slime juga berperan dalam merangsang kreativitas anak, sebab dengan beragam warna dan tekstur yang bisa diubah sesuai keinginan, slime memberikan ruang bagi anak untuk bereksperimen dan menciptakan sesuatu yang baru.

Aktivitas dengan slime ini tidak hanya menghibur, tapi juga memperkaya imajinasi dan kemampuan problem-solving pada anak.

BACA JUGA:Duta Sheila On 7 Viral Usai Dikerubungi Emak-emak Saat Selesai Sholat Idul Adha

4. Permainan Melukis Dengan Kaki dan Tangan Atau Alat

Kamu bisa menyediakan media gambar yang sangat lebar, seperti kertas karton putih berukuran besar dan beberapa cat warna, lalu ajarkan anak untuk mencelupkan jari atau kakinya ke cat lalu mencoretkannya ke kertas, setelah itu, biarkan anak bereksplorasi sendiri, tapi pastikan memilih cat yang aman bagi anak ya.

Selain melukis dengan tangan dan kaki, kamu bisa memodifikasinya lho, misalnya, ajak anak melukis menggunakan pipet, kapas, spons, garpu dan alat lainnya.

Melakukan sensory play ini memiliki banyak manfaat, seperti menstimulasi indera visual, melatih koordinasi mata dan tangan, mengembangkan motorik halus, meningkatkan kreativitas dan mengenalkan konsep warna.

BACA JUGA:Duta Sheila On 7 Viral Usai Dikerubungi Emak-emak Saat Selesai Sholat Idul Adha

5. Permainan Memindahkan Bola

Menggunakan sendok untuk memindahkan bola adalah salah satu jenis permainan sensorik yang bisa direkomendasikan untuk anak usia satu tahun, karena aktivitas ini membantu meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan, serta melatih keterampilan motorik halus pada anak.

Untuk memulai permainan ini, siapkan dua mangkuk dan isilah salah satu mangkuk dengan bola ping-pong atau pom-pom, pastikan bola cukup ringan dan aman untuk dimainkan oleh anak ya, kemudian, berikan sendok pada anak dan dorong mereka untuk memindahkan bola-bola tersebut dari mangkuk yang penuh ke mangkuk yang kosong menggunakan sendok.

Melalui aktivitas ini, anak tidak hanya belajar untuk lebih terampil dalam mengendalikan gerakan tangan mereka, tapi juga mengasah kemampuan dalam mengamati dan merespons objek yang bergerak.

BACA JUGA:5 Tips untuk Membantu Anda Berhenti Merenung Terus, Jangan Galau Ya!

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya