6 Ide Sensory Play Anak Usia 1 Tahun, Cocob Buat Menstimulasi Indera Si Kecil

6 Ide Sensory Play Anak Usia 1 Tahun, Cocob Buat Menstimulasi Indera Si Kecil

Ide Sensory Play Anak Usia 1 Tahun Ini Untuk Menstimulasi Inderany-@percik-Instagram

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Bagi para ibu, memberikan stimulasi yang tepat sangat penting untuk mendukung perkembangan sensori anak, salah satunya adalah melalui sensory play.

Sensory play penting dilakukan untuk anak usia 1 tahun karena melibatkan berbagai indera, seperti pengelihatan, pendengaran, penciuman, perabaan dan pengecapan.

Yuk, simak 6 ide sensory play berikut yang tidak hanya menyenangkan, tapi bisa bermanfaat untuk perkembangan indera anak.

BACA JUGA:5 Olahraga Ini Bantu Bikin Perut Jadi Singset, Yuk Cobain!

1. Permainan Ambil Pom-Pom Dari Dalam Whisk

Cara bermain dengan aktivitas ini adalah masukkan beberapa bola pom-pom ke dalam whisk, kemudian biarkan anak mencoba mengeluarkannya satu per satu, untuk variasi, kamu bisa mengganti bola pom-pom dengan kaus kaki kecil atau benda lain yang muat di dalam whisk.

Tujuan dilakukannya hal tersebut adalah untuk memberikan variasi tekstur dan bentuk yang berbeda sehingga anak bisa merasakan sensasi yang berbeda saat mengambil benda-benda tersebut.

Selain aspek motorik, aktivitas ini juga bisa melatih kesabaran anak, sebab ia perlu mencoba beberapa kali untuk bisa mengeluarkan bola pom-pom atau benda lainnya dari dalam whisk, yang secara tidak langsung mengajarkan untuk lebih sabar dan tekun.

BACA JUGA:Segera Klaim Kode Redeem Mobile Legends Hari Ini 20 Juni 2024: Banyak Hadiah Menarik dari Moonton!

2. Bermain Dengan Tepung

Kamu hanya perlu menyiapkan tepung dan meletakkannya di atas sebuah nampan, kemudian biarkan anak bebas bereksplorasi dengan tepung tersebut, ia pasti akan menikmati momen ini dan senang membuat cetakan jarinya di tepung.

Ketika si kecil sudah puas bermain dengan tepung kering, kamu bisa menambahkan sedikit air ke dalamnya hingga terbentuk adonan, hal ini bertujuan untuk memberikan sensasi baru bagi anak saat merasakan perubahan tekstur tepung yang menjadi lebih padat.

Selain merangsang kreativitas, kegiatan bermain dengan tepung dan adonan ini melatih keterampilan motorik halus dan memberikan pemahaman dasar tentang perubahan materi pada anak.

BACA JUGA:Terbaru! Yamaha Buka Lowongan Kerja untuk 5 Posisi, Catat Semua Persyaratannya

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya