BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di 14 Wilayah Indonesia, Awas Hujan Lebat Datang!

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di 14 Wilayah Indonesia, Awas Hujan Lebat Datang!

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di 14 Wilayah Indonesia,---Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang diperkirakan akan terjadi pada Jumat, 12 Juli 2024.

Dalam prakiraan cuaca ekstrem ini, BMKG memperkirakan bahwa ada 14 wilayah di Indonesia yang kemungkinan akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang.

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudra Pasifik bagian timur Filipina telah menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) yang membentang dari sekitar Filipina hingga Samudra Pasifik bagian timur Filipina.

Bahkan terdapat juga daerah konvergensi lainnya di Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan di Samudra Pasifik utara Papua.

BACA JUGA:Viral Istri Meninggal Bersama Anak Dalam Kandungan Akibat Suami Selingkuh

Kondisi ini dapat meningkatkan kemungkinan pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang antara lain: Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan petir dan angin kencang antara lain: Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Maluku Utara.

Adapun wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang adalah Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA:Korea Selatan Gunakan Senjata Laser Demi Menghancurkan Drone Korea Utara, Inovasi Terbaru di Dunia!

Sebagai langkah antisipasi, masyarakat di wilayah yang berpotensi terkena dampak cuaca ekstrem diimbau untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya hujan lebat, petir, dan angin kencang.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk mengikuti perkembangan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya, seperti BMKG, serta menjaga keamanan diri dan lingkungan sekitar.

Dengan adanya peringatan dini ini, diharapkan masyarakat dapat melakukan persiapan dan langkah-langkah pencegahan yang tepat agar dapat mengurangi risiko terjadinya kerugian akibat cuaca ekstrem.

Tetap waspada dan selalu menjaga keselamatan diri serta orang di sekitar adalah hal yang sangat penting dalam menghadapi situasi cuaca ekstrem seperti yang diprediksi oleh BMKG.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya
Berita Terpopuler