Yordania Sukses Gagalkan Dugaan Rencana Penyelundupan Senjata ke Kerajaan Sekutu AS

Kamis 16-05-2024,08:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID -  Yordania telah menggagalkan dugaan rencana penyelundupan senjata yang dipimpin Iran ke kerajaan sekutu AS tersebut untuk membantu penentang monarki yang berkuasa melakukan tindakan sabotase, menurut dua sumber Yordania yang mengetahui masalah tersebut.

Senjata-senjata tersebut dikirim oleh milisi yang didukung Iran di Suriah ke sel Ikhwanul Muslimin di Yordania yang memiliki hubungan dengan sayap militer kelompok Palestina Hamas, kata sumber tersebut kepada Reuters.

Penyimpanan tersebut disita ketika anggota sel tersebut, warga Yordania keturunan Palestina, ditangkap pada akhir Maret, kata mereka.

BACA JUGA:GWM Indonesia Resmikan 'GWM Tomang' Sebagai Dealer 3S Pertamanya di Indonesia

Dugaan rencana dan penangkapan tersebut, yang dilaporkan di sini untuk pertama kalinya, terjadi pada saat ketegangan tinggi di Timur Tengah, ketika Israel yang didukung Amerika berperang di Gaza dengan Hamas, bagian dari jaringan “ Poros Perlawanan ” Iran.

kelompok proksi yang dibangun selama beberapa dekade untuk menentang Israel.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Hamas mengatakan mereka “tidak memiliki hubungan dengan tindakan apa pun yang menargetkan Yordania” dan mereka hanya berupaya untuk menargetkan Israel.

Dua sumber Yordania, yang meminta anonimitas untuk membahas masalah keamanan, menolak mengatakan tindakan sabotase apa yang diduga direncanakan, dengan alasan penyelidikan yang sedang berlangsung dan operasi rahasia.

BACA JUGA:Selain Sopir Bus Pariwisata Putera Fajar, Apa Bakal Ada Tersangka Lain di Insiden Kecelakaan Subang?

Mereka mengatakan tujuan rencana tersebut adalah untuk mengganggu stabilitas Yordania, sebuah negara yang dapat menjadi titik konflik regional dalam krisis Gaza karena negara tersebut menjadi tuan rumah pangkalan militer AS dan berbatasan dengan Israel serta Suriah dan Irak, yang keduanya merupakan rumah bagi milisi yang didukung Iran.

Sumber tersebut tidak merinci senjata apa yang disita dalam serangan bulan Maret tersebut, meskipun mengatakan dalam beberapa bulan terakhir dinas keamanan telah menggagalkan berbagai upaya Iran dan kelompok sekutunya untuk menyelundupkan senjata termasuk ranjau Claymore, bahan peledak C4 dan Semtex, senapan Kalashnikov, dan Katyusha 107 mm. roket.

Sebagian besar aliran senjata rahasia ke negara itu ditujukan ke wilayah Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel, menurut sumber-sumber Yordania.

BACA JUGA:Biar Hapal! Ini Arti Huruf Pada Persneling Mobil Matic


Yordania Menggagalkan Dugaan Rencana Penyelundupan Senjata ke Kerajaan Sekutu AS-freepik-freepik

Namun, beberapa senjata – termasuk yang disita pada bulan Maret – dimaksudkan untuk digunakan di Yordania oleh sel Ikhwanul Muslimin yang bersekutu dengan militan Hamas, kata mereka.

Kategori :

Terpopuler